Yuniarti, Weli (2015) Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Pengetahuan Awal terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Kelas X di SMKN 1 Gunung Talang Kabupaten Solok. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_1_WELI_YUNIARTI_1203708_3027_2015.pdf
Download (321kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri dan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional, (2) Perbedaan hasil belajar siswa dengan pengetahuan awal tinggi yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri dan hasil belajar siswa berpengetahuan awal tinggi yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional, (3) Perbedaan hasil belajar siswa berpengetahuan awal rendah yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri dan hasil belajar siswa berpengetahuan awal rendah yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional, (4) Ada tidaknya interaksi antara strategi pembelajaran inkuiri dengan pengetahuan awal terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimen yang dilakukan pada siswa kelas X jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMKN 1 Gunung Talang dengan subjek sampel sebanyak 68 siswa dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes pengetahuan awal dan tes hasil belajar sistem operasi. Data diuji dengan uji t dan Anava. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) hasil belajar siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran inkuiri lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran konvensional, (2) hasil belajar siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi diajar menggunakan strategi pembelajaran inkuiri lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi diajar menggunakan strategi pembelajaran konvensional. (3) hasil belajar siswa yang memiliki pengetahuan awal rendah diajar menggunakan strategi pembelajaran inkuiri lebih tinggi dari hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sistem operasi yang memiliki pengetahuan awal rendah diajar menggunakan strategi pembelajaran konvensional, dan (4) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran inkuiri dan pengetahuan awal belajar terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sistem operasi. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah pembelajaran inkuiri dalam pengelolaan pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sistem operasi dan mempermudah pemahaman siswa dalam menerima materi. Dalam hal ini dituntut kemampuan guru untuk mengembangkan kreativitasnya dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran inkuiri.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar |
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 01:39 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 01:42 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29976 |
