Suhaimi, Suhaimi (2010) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together di Kelas V SD Negeri 002 Kec. Kerinci Kanan Kabupaten Siak. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_1_SUHAIMI_10780_3691_2012.pdf
Download (116kB)
Abstract
Hasil belajar matematika di kelas V SD Negeri 002 Seminai Kab. Siak belum memuaskan. Dari pengalaman peneliti selama ini, siswa selalu mengalami kesulitan dalam memahami pokok bahasan operasi pecahan. Hal ini disebabkan oleh kurang tepatnya model pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dalam pokok bahasan Operasi Pecahan. Rumusan masalah penelitian ini adalah sejauhmana model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 002 Seminai Kab. Siak Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 28 orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes hasil belajar.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT pada materi Operasi Pecahan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 002 Seminai Kab. Siak. Nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh pada akhir penelitian mencapai 70.36 dan persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 82.14%.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran kooperatif, Peningkatan matematika |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 01:36 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 01:37 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29968 |
