Apriola, Rivela (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 2 Payakumbuh. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_1_RIVELA_APRIOLA_15029112_3877_2019.pdf
Download (971kB)
Abstract
Pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan paling dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun kenyataannya, pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMPN 2 Payakumbuh masih tergolong rendah dan proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaaan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung dan mendeskripsikan perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT di kelas VII SMPN 2 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment dan penelitian deskriptif dengan rancangan penelitian Static Group Design. Instrumen yang digunakan adalah tes dan kuis yang dinilai dengan rubrik penskoran. Data perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik dianalisis dan dideskripsikan melalui hasil kuis, sedangkan data hasil tes pemahaman konsep matematis dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil kuis diperoleh bahwa perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik meningkat selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Dari analisis hasil tes pemahaman konsep matematis peserta didik diperoleh = 0.001 . Artinya, pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dibandingkan yang belajar dengan model pembelajaran langsung di kelas VII SMPN 2 Payakumbuh
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif, Humbered Heads Together, Pemahaman Konsep Matematika |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 01:35 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 01:35 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29962 |
