Pengaruh Pendekatan Differentiated Instruction dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 27 Padang.

Financhi, Wegi (2016) Pengaruh Pendekatan Differentiated Instruction dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 27 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_WEGI_FINANCHI_1303864_6364_2016.pdf] Text
final_1_WEGI_FINANCHI_1303864_6364_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Padang. Hal ini terlihat pada nilai hasil ujian akhir semester 1 tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Differentiated Instruction terhadap hasil belajar matematika siswa dengan memperhatikan gaya belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Padang, yang berjumlah 243 dan terdiri dari delapan kelas. Sampel diambil secara acak. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen dan VIII.1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket identifikasi gaya belajar dan tes hasil belajar matematika. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini, yaitu uji-t dan anava. Berdasarkan temuan penelitian, diperoleh kesimpulan. Pertama, hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan Differentiated Instruction lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional baik dilihat secara keseluruhan, maupun berdasarkan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Kedua, tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal ini berarti pendekatan Differentiated Instruction berpengaruh baik terhadap hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Differentiated Instruction, Hasil Belajar
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 24 Nov 2025 01:34
Last Modified: 24 Nov 2025 01:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29954

Actions (login required)

View Item
View Item