Pradipta, Enggia (2016) Pengembangan Penuntun Praktikum IPA Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Siswa SMP Kelas VIII Semester Genap. Masters/Tesis thesis, Universitas Negri Padang.
final_03_ENGGIA_PRADIPTA_14177044_3279_2016-TESIS.pdf
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan yang ditemukan pada SMPN 1 Painan adalah belum terdapat penuntun praktikum khusus dalam melakukan kegiatan praktikum. Penuntun praktikum masih berupa lembar kerja siswa (LKS) dan lembaran yang diambil dari buku paket. Penuntun praktikum tersebut tidak menjadikan praktikum terorganisasi dengan baik, sehingga siswa tidak terbiasa melatih sikap dan keterampilan ilmiah yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, untuk menghasilkan penuntun praktikum yang valid, praktis dan mengungkapkan keefektifan penuntun praktikum IPA berbasis pendekatan saintifik untuk siswa SMP kelas VIII semester genap. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap investigasi awal, tahap pengembangan atau pembuatan prototipe, dan tahap penilaian. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini adalah lembar validasi penuntun praktikum, angket praktikalitas untuk guru dan siswa, dan tes hasil belajar yang terdiri dari penilaian kognitif, pengamatan sikap, dan pengamatan psikomotor. Ujicoba satu-satu dilakukan pada tiga orang siswa, uji coba kelompok kecil dilakukan pada lima orang siswa, dan uji coba kelompok besar dilakukan pada 20 siswa. Data dianalisis secara deskriptif dengan mempersentasekan hasil yang didapatkan di lapangan. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa Penuntun Praktikum IPA Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Siswa SMP Kelas VIII Semester Genap sangat valid dengan nilai 3,48, sangat praktis dengan nilai 3,52 oleh guru dan sangat praktis dengan nilai 3,55 oleh siswa dan sangat efektif dengan nilai kompetensi ranah afektif 81,46%, psikomotor 85,21%, dan kognitif 81,67%.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Praktikum IPA, Berbasis Pendekatan Saintifik |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 01:33 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 01:33 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29952 |
