Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Padang

Marlisa, Welli (2014) Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_WELLI_ MARLISA_ 54475_1033_2014.pdf] Text
final_B1_1_WELLI_ MARLISA_ 54475_1033_2014.pdf

Download (405kB)

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang sebelum menggunakan teknik mind mapping. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang sesudah menggunakan teknik mind mapping. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan teknik mind mapping terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah one grup pretest-posttest design pertama-tama dilakukan pengukuran (pretest), lalu dikenakan perlakuan jangka waktu tertentu, kemudian dilakukan pengukuran untuk kedua kalinya (posttest). Teknik pengambilan sampel digunakan teknik dengan pertimbangan tertentu purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas VII4 SMP Negeri 13 Padang. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu (1) keterampilan menulis karangan narasi siswa sebelum menggunakan teknik mind mapping, dan (2) keterampilan menulis karangan narasi siswa sesudah menggunakan teknik mind mapping. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis karangan narasi sebelum menggunakan teknik mind mapping dan sesudah menggunakan teknik mind mapping siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang sebelum menggunakan teknik mind mapping berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 74,45. Kedua, keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang sesudah menggunakan teknik mind mapping berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 85,00. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf siginifikansi 95% dan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 – 2 karena thitung > ttabel (2,86 > 1,67). Dengan kata lain, keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang sesudah menggunakan teknik mind mapping lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan teknik mind mapping.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Teknik Mind Mapping
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 24 Nov 2025 01:32
Last Modified: 24 Nov 2025 01:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29949

Actions (login required)

View Item
View Item