Pinta, Yani (2018) Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia Berorientasi Chemoentre Preneurship untuk Meningkatkan Minat Wirausaha Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_03_YANI_PINTA_161760013_2818_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Menumbuhkan jiwa mandiri, aktif, kreatif dan inovatif dalam pembelajaran kimia dapat dilakukan melalui pembelajaran konstekstual berorientasi chemoentrepreneurship dalam praktikum kimia. Dari sampling penelitian, penuntun praktikum yang dipakai belum dibukukan dan belum kontekstual dan kegiatan praktikum kimia masih jarang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan penuntun praktikum kimia berorientasi chemoentrepreneurship yang valid, praktis dan efektif dengan model pengembangan Plomp. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan momen Kappa. Hasil analisis terhadap validitas yaitu 0.89 dengan kriteria sangat tinggi. Kepraktisan oleh guru dan peserta didik masing-masing yaitu 0.75 dan 0.76 dengan kriteria tinggi. Efektifitas dilihat dengan minat wirausaha peserta didik sebelum praktikum 69.7 % dan setelah praktikum 82.6 %. Berdasarkan analisis data, penuntun praktikum kimia berorientasi chemoentrepreneurship yang dikembangkan termasuk kategori valid, praktis dan efektif digunakan sebagai sumber belajar peserta didik sekaligus meningkatkan minat wirausaha peserta didik kelas X.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Penuntun Praktikum Kimia, Chemoentrepreneurship |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Kimia-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 01:31 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 01:31 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29945 |
