Heryeni, Putri (2017) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning Memanfaatkan Aplikasi Tracker pada Materi Kinematika Gerak Kelas X Semester 1. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_03_PUTRI_HERYENI_15175031_892_2017.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan Kurikulum 2013 yang menyatakan bahwa kurikulum 2013 dikembangkan berdasarkan dua faktor salah satunya yaitu tantangan eksternal. Tantangan eksternal antara lain masalah lingkungan hidup, kemajuan teknologi informasi, kebangkitan industri kreatif dan budaya, serta perkembangan pendidikan ditingkat internasional. Maka, diperlukan sebuah inovasi berupa pengembangan model pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran yang sejalan dengan tuntutan kurikulum 2013, diantaranya LKPD sebagai salah satu sumber belajar sederhana yang mudah dipahami oleh peserta didik, model pembelajaran project based learning sebagai salah satu model pembelajaran yang dianjurkan dalam kurikulum 2013 dan dapat meningkatkan kompetensi dan kreatifitas peserta didik, serta aplikasi tracker sebagai media pembelajaran berbasis IT yang dapat dapat bersaing di tingkat pendidikan internasional. Tujuan penelian ini adalah untuk menghasilkan LKPD berbasis Project Based Learning memanfaatkan aplikasi tracker pada materi kinematika gerak kelas X semester 1 dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen penelitian ini terdiri dari angket analisis, lembar analisis, lembar validitas, lembar praktikalitas, tes objektif, lembar observasi sikap, dan penilaian keterampilan. Teknik analisis data untuk analisis validitas menggunakan Aiken’s, dan untuk analisis praktikalitas dan efektifitas menggunakan deskripsi persentase. Hasil tahap analysis dari analisis awal-akhir adalah peluang menggunakan aplikasi tracker. Hasil analisis peserta didik membutuhkan LKPD sebagai sumber belajar dan project based learning sebagai model pembelajaran. Hasil dari analisis materi yang didominasi oleh materi konsep dan prinsip. Hasil dari tahap design diperoleh LKPD yang mengacu dari hasil analysis. Hasil tahap development dihasilkan LKPD yang valid dengan kriteria ( ≥ 0,6) dan digunakan pada tahap implementation. Hasil tahap evaluation dihasilkan LKPD yang praktis menurut guru dengan kriteria (94,64), praktis menurut peserta didik dengan kriteria (91,54) dan efektif pada kompetensi pengetahuan dengan kriteria (76,70), kompetensi sikap (89,35), kompetensi keterampilan (87,04). Berdasarkan pengembangan yang dilakukan mulai dari tahap analysis, design, develpoment, implementation, dan evaluation diperoleh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis project based learning memanfaatkan aplikasi tracker pada materi kinematika gerak kelas X semester 1 dengan kriteria valid, praktis dan efektif.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Project Based Learning, Tracker, Kinematika Gerak |
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Fisika-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 01:28 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 01:29 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29936 |
