Studi Tentang Kesehatan Pribadi Peserta Didik di SDN 03 Pakan Kurai Kota Bukittinggi Tahun Ajaran 2009/ 2010

Pretty M.O, Lenny (2010) Studi Tentang Kesehatan Pribadi Peserta Didik di SDN 03 Pakan Kurai Kota Bukittinggi Tahun Ajaran 2009/ 2010. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_LENNY_PRETTY_08779_102_2012.pdf] Text
B1_01_LENNY_PRETTY_08779_102_2012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perilaku hidup sehat harus ditanamkan sedini mungkin dari tingkat dasar
baik di rumah atau di sekolah. Sebab perilaku hidup sehat merupakan kebiasaan
yang butuh ketelatenan dan penanaman hidup sehat pada setiap anak, penanaman
tentang kesehatan masing-masing pribadi.
Metodologi penelitian adalah jenis penelitian deskriptif, populasinya
adalah peserta didik SD N 03 Pakan Kurai Kota Bukittinggi Tahun Ajaran 2009/
2010 berjumlah 447 orang dan sampel 78 orang. Jenis datanya primer yang
diperoleh langsung dari responden melalui penyebaran angket, dan data sekunder
dari administrasi sekolah. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling,
yaitu sampel yang diambil peserta didik kelas V SD N 03 Pakan Kurai Kota
Bukittinggi Tahun Ajaran 2009/ 2010.
Hasil penelitian pemeliharaan kesehatan pribadi peserta didik kelas V SD
N 03 Pakan Kurai Kota Bukittinggi diperoleh score capaian 6891 dan score ideal
9360 dengan persentase ( 73,6 % ) dan masuk kategori baik. Berdasarkan hasil
penelitian ini diharapkan materi kesehatan pribadi dimasukan ke dalam kurikulum
pembelajaran penjasorkes secara terprogram untuk hasil yang lebih baik lagi dan
pemberian informasi dari tenaga kesehatan dalam program UKS.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KESEHATAN PRIBADI PESERTA DIDIK
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
S Sport
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 04 Mar 2025 02:35
Last Modified: 04 Mar 2025 02:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/2993

Actions (login required)

View Item
View Item