Usman Ali, AU (2012) Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IX Dahran SMP Perguruan Islam AR Risalah Padang Menggunakan Teknik Observasi Lingkungan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negri Padang.
final_2_ALI_USMAN_19190_6832_2012.pdf
Download (411kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya keterampilan berbicara siswa dalam
melaporkan secara lisan berbagai peristiwa/informasi dengan kalimat yang jelas. Hal ini
terlihat pada nilai harian siswa yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
sehingga pembelajaran berbicara dalam melaporkan berbagai peristiwa/informasi belum
berjalan sebagaimana yang diharapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan
berbicara siswa kelas IX Dahran SMP Perguruan Islam Ar Risalah Padang dalam
melaporkan berbagai peristiwa/informasi dengan menggunakan teknik observasi
lingkungan dan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya peningkatan keterampilan
berbicara tersebut. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX Dahran SMP Perguruan
Islam Ar Risalah Padang yang berjumlah 27 orang. Pemilihan subjek penelitian didasarkan
pada proses pelaksanaan dan teknik pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa dan
hasil tes unjuk kerja keterampilan berbicara yang lebih rendah dibanding kelas lain.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif yang didukung oleh pendekatan kuantitatif. Penelitian
ini dilakukan dalam dua siklus, di mulai pada bulan November sampai dengan Desember
2011. Selama penelitian, peneliti berkolaborasi dengan dua orang guru bahasa Indonesia.
Data penelitian diperoleh dalam bentuk data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif
dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Data kuantitatif diperoleh melalui tes
unjuk kerja keterampilan berbicara siswa.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan berbicara
siswa meningkat dengan menggunakan teknik observasi lingkungan. Peningkatan tersebut
terlihat pada hasil tes unjuk kerja keterampilan bebicara pada siklus I dengan rata-rata 63,1
dan siklus II dengan nilai rata-rata 74,1. Berdasarkan temuan dapat disimpulkan bahwa (1)
penggunaan teknik observasi lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan
berbicara siswa kelas IX Dahran SMP Perguruan Islam Ar Risalah Padang dalam
melaporkan berbagai peristiwa/informasi, (2) ada beberapa faktor yang menyebabkan
terjadinya peningkatan tersebut, diantaranya (a) tindakan guru dalam merencanakan
pembelajaran dengan teknik observasi lingkungan, (b) kreativitas guru dalam pelaksanaan
pembelajaran dengan teknik observasi lingkungan dan media slide power point yang
menarik, (c) pengelolaan kelas dengan pendekatan kontekstual dengan gaya trainer yang
menyenangkan dan interaktif, dan (d) menciptakan suasana pembelajaran yang santai tapi
serius dengan adanya kontrak belajar dan menghadirkan kondisi siswa untuk bersemangat
dan memotivasi diri dalam belajar sehingga kelas menjadi hidup dan aktif.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Keterampilan Berbicara |
| Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 01:25 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 01:25 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29924 |
