Pengaruh Strategi Six Thinking Hats dan Efikasi Diri terhadap Kemampuan Siswa dalam Menulis Esai pada Siswa STKIP PGRI Padang

Sriyanti, Marnis (2016) Pengaruh Strategi Six Thinking Hats dan Efikasi Diri terhadap Kemampuan Siswa dalam Menulis Esai pada Siswa STKIP PGRI Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_02_MARNIS_SRIYANTI_1204354_355_2017.pdf] Text
final_02_MARNIS_SRIYANTI_1204354_355_2017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Menulis merupakan suatu hal yang sulit bagi siswa, khususnya menulis sebuah esai. Sebagian besar siswa sering menganggap dirinya tidak mampu menulis dengan baik karena beberapa kesulitan yang mereka temukan ketika menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan pengaruh strategi six thinking hats dan efikasi diri siswa terhadap kemampuan menulis siswa dalam menulis esai. Penelitian ini adalah penelitian eksperiment semu dengan rancangan factorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adaah siswa semester tiga jurusan bahasa inggris di STKIP PGRI Sumatera Barat yang terdaftar pada tahun 2014 / 2015 yang terdiri dari lima kelas. Dua kelas telah terpilih secara acak sebagai sample, yaitu kelas 14 B sebagai kelas eksperiment dan kelas 14 A sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes menulis essay dan angket efikasi diri. Data dalam penelitian ini dianalisa dengan menggunakan SPPS 16 dengan uji t dan ANOVA dua arah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Strategi STH memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis siswa dibandingkan dengan strategi Expanding Sentence. 2) Kemampuan menulis siswa dalam menulis sebuah essay yang memiliki efikasi diri yang tinggi yang diajarkan dengan strategi STH memiliki hasil yang lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan strategi Expanding Sentence. 3) Kemampuan menulis siswa dalam menulis sebuah essay yang memiliki efikasi diri yang rendah yang diajarkan dengan strategi STH memiliki hasil yang lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan strategi Expanding Sentence. 4) Tidak adanya interaksi antara strategi yang digunakan (Six Thinking Hats dan Expanding Sentence) dan efikasi diri terhadap kemampuan menulis siswa dalam menulis esai. Berdasarkan data hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa strategi Six Thinking Hats bisa digunakan sebagai strategi pengajaran dalam mengajar menulis sebuah esai di STKIP PGRI Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Six Thinking Hats, Efikasi Diri , Menulis Esai
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 24 Nov 2025 01:25
Last Modified: 24 Nov 2025 01:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29923

Actions (login required)

View Item
View Item