Famella, Wyrazona (2017) Pengembangan Modul Fisika Kelas X SMA Berbasis Model Research Based Learning Terintegrasi Nilai-Nilai Karakter pada Materi Gerak Melingkar dan Hukum Newton. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_03_WYRAZONA_FAMELLA_15175048_2661_2017.pdf
Download (3MB)
Abstract
Implementasi pendidikan karakter di sekolah dilaksanakan secara terintegrasi melalui proses pembelajaran. Agar pelaksanaannya lebih optimal, harus ditunjang oleh perangkat pembelajaran bermuatan nilai-nilai karakter. Namun kenyataannya di sekolah perangkat pembelajaran yang ada belum optimal, terutama dalam bentuk bahan ajar yang bermuatan nilai-nilai karakter. Modul merupakan salah satu bentuk bahan pembelajaran mandiri yang dikemas secara utuh dan sistematis, didalamnya memuat seperangkat pengalaman belajar yang terencana dan dirancang untuk membantu peserta didik menguasai tujuan pembelajaran yang spesifik. Pengembangan modul didasarkan pada pendalaman dan perluasan materi. Pembelajaran yang dapat mengaktifkan peserta didik salah satunya adalah model research based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul Fisika berbasis research based learning terintegrasi nilai nilai karakter yang valid dan praktis serta efektif dalam meningkatkan kompetensi peserta didik. Jenis penelitian adalah research and development menggunakan model Plomp yang terdiri dari preliminary research (analisis pendahuluan), prototyping phase (tahap perancangan), dan assessment phase (tahap penilaian). Instrumen penelitian terdiri dari lembar analisis berupa angket, lembar validasi, lembar praktikalitas, tes essay, lembar observasi sikap, dan lembar observasi keterampilan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul berbasis model research based learning terintegrasi nilai-nilai karakter berkategori valid (0,76), sangat praktis menurut guru (80,36%), sangat praktis menurut peserta didik (88,06%), dan efektif dalam meningkatkan kompetensi peserta didik meliputi kompetensi sikap (99,99%), kompetensi pengetahuan (90,32%) dan kompetensi keterampilan (87,09%).
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Modul, Research Based Learning, Nilai-Nilai Karakter |
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Fisika-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 01:24 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 01:24 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29919 |
