Perencanaan Strategis SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang Menuju Program Pengelolaan Adiwiyata Mandiri

Dewina, Sufitri (2019) Perencanaan Strategis SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang Menuju Program Pengelolaan Adiwiyata Mandiri. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_SUFITRI_DEWINA_16147014_4673_2019.pdf] Text
final_1_SUFITRI_DEWINA_16147014_4673_2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menunjukkan bahwa sekolah tersebut lolos dalam seleksi Adiwiyata tingkat Nasional tahun 2017, yang selanjutnya akan menuju tahap penilaian Sekolah Adiwiyata Mandiri. Tujuan dari Program Adiwiyata adalah untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup melalui kegiatan pembinaan, penilaian dan pemberian penghargaan. Salah satu penilaian menuju Adiwiyata Mandiri adalah pihak sekolah berkewajiban membina 10 sekolah yang dilibatkan menuju Adiwiyata Kota. Untuk menghadapi berbagai permasalahan yang akan muncul dalam penerapannya nanti, maka pihak sekolah berupaya melakukan langkah-langkah strategis guna mengatasi kendala tersebut. Pengembangan infrastruktur menuju Adiwiyata Mandiri, sosialisasi intens sekolah berorientasi lingkungan dan pembiasaan budaya peduli lingkungan dari semua warga sekolah menjadi alternatif strategi sekolah menuju Adiwiyata Mandiri. Berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa implementasi program Adiwiyata Mandiri pada sebagian warga sekolah belum menjadi karakter namun masih sebatas penilain saja.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan pembangunan laboratorium
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 24 Nov 2025 01:23
Last Modified: 24 Nov 2025 01:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29913

Actions (login required)

View Item
View Item