Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Problem Based Learning berbantuan Peta Konsep pada Materi Gelombang Berjalan dan Gelombang Tegak di Kelas XI MIA SMA Negeri 4 Kerinci.

Purnawadi, Purnawadi (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Problem Based Learning berbantuan Peta Konsep pada Materi Gelombang Berjalan dan Gelombang Tegak di Kelas XI MIA SMA Negeri 4 Kerinci. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_03_PURNAWADI_1209839_5759_2017.pdf] Text
final_03_PURNAWADI_1209839_5759_2017.pdf

Download (925kB)

Abstract

Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis model Problem Based Learning berbantuan Peta Konsep pada materi Gelombang Berjalan dan Gelombang Tegak di SMA 4 Kerinci akan dibahas dalam tulisan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika Sekolah Menengah Atas berbasis model PBL berbantuan peta konsep yang valid, praktis dan efektiv dalam pembelajaran. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan dan tahap penyebaran. Berdasarkan hasil penelitian pada tahap pengembangan, persentase rata-rata silabus, RPP, hand out, LKS dan penilaian masing-masing adalah 94%, 94%, 94%, 94%, 92%. Persentase praktikalitas dari keterlaksanaan RPP, angket respon guru, dan angket respon siswa adalah 91,97%, 88,89%, dan 88,85%. Selanjutnya hasil uji efektivitas didukung oleh penilaian sikap spiritual, sikap sosial, persentase penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan siswa dengan rerata masing-masing 83,33%, 82,36%, 91,61%, danl 82,18%. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran fisika SMA menggunakan model problem based learning (PBL) berbantuan Peta Konsep dengan kriteria valid, sangat praktis dan efektif. Hasil penelitian pada tahap dessiminate dilakukan penyebaran perangkat pembelajaran yang telah valid praktis dan efektif di SMA Negeri 4 Kerinci.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Perangkat, Problem Based Learning, Pembelajaran Fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 24 Nov 2025 01:20
Last Modified: 24 Nov 2025 01:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29898

Actions (login required)

View Item
View Item