Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar Seni Musik Daerah Melalui Pendekatan pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas VII D SMP Cendana Pekanbaru

Riswandi, Riswandi (2010) Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar Seni Musik Daerah Melalui Pendekatan pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas VII D SMP Cendana Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_RISWANDI_92585_3685_2012.pdf] Text
final_1_RISWANDI_92585_3685_2012.pdf

Download (83kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pendekatan pembelajaaran kooperatif tipe STAD merupakan metode pembelajaran yang dirancang dalam bentuk kelompok kecil yang dalam kegiatan kelompok tersebut siswa mengerjakan tugas-tugas individu maupun kelompok dalam rangka menguasai pelajaran yang sudah diberikan guru. Dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kooperarif tipe STAD aktivitas dan hasil belajar siswa akan meningkat. Hasil Penelitian yang berupa data kualitatif dari aktivitas belajar di kumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Data kuantitatif berupa hasil belajar diperoleh melalui penilaian langsung di setiap akhir siklus pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar setelah dilakukan tindakan dibanding sebelum dilakukan tindakan. Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus. Hasilnya menunjukkan terjadi peningkatan yang signifikan antara siklus pertama dengan siklus kedua. Dalam pembelajaran siswa berpartisipasi aktif ditandai dengan rata-rata hasil belajar baik secara individual, maupun secara klasikal dengan nilai di atas batas ketuntasan minimal. Demikian juga halnya dengan aktivitas siswa yang jauh meningkat setelah dilakukan tindakan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Aktivitas, Belajar Seni Musik, Pembelajaran Kooperatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 24 Nov 2025 01:12
Last Modified: 24 Nov 2025 01:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29872

Actions (login required)

View Item
View Item