Arianti, Visca Alisia and Zainul, Rahadian (2020) Pengembangan E-Modul Berbasis Discovery Learning pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Kelas X SMA/MA. edukimia (EKJ), 2 (2). pp. 79-84. ISSN 2502-6399
![19_Pengembangan_E-Modul_Berbasis_Discovery_Learning_1.pdf [thumbnail of 19_Pengembangan_E-Modul_Berbasis_Discovery_Learning_1.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
19_Pengembangan_E-Modul_Berbasis_Discovery_Learning_1.pdf
Download (361kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan bahan ajar dalam
bentuk e-modul yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Model pengembangan
yang digunakan yaitu model 4-D meliputi 4 tahap, yaitu pendefinisian,
perancangan, pengembangan dan penyebaran. Penelitian dilakukan sampai
tahap pengembangan, yaitu uji validitas dan praktikalitas. Instrumen yang
digunakan yaitu lembar validitas dan praktikalitas. E-modul divalidasi oleh
6 validator, sedangkan uji praktikalitas oleh 3 guru kimia dan 30 siswa XI MIA 6
SMAN 5 Padang. Hasil analisis validitas dan praktikalitas didapatkan nilai
validitas yaitu 0,840 dengan kategori sangat tinggi. Nilai praktikalitas
oleh siswa yaitu 0,920 dan guru 0,841 dengan kategori sangat tinggi.
Sehingga, e-modul berbasis discovery learning pada materi larutan elektrolit
dan non elektrolit kelas X SMA/MA valid dan praktis.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Module, Discovery Learning, Electrolyte and Non-Electrolyte, Research and Development, 4-D Models |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 02:05 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 02:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/2987 |