Halid, Elan (2012) Strategi Bertutur Guru Bahasa Indonesia dan Dampaknya terhadap Siswa di SMP Perguruan Islam AR-RISALAH Padang. Diploma/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
final_2_ELAN_HALID_19196_3216_2012.pdf
Download (390kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seringnya siswa mengeluh bahwa pembelajaran di kelas kurang menyenangkan. Salah satu penyebab masalah itu adalah guru belum menggunakan strategi bertutur secara baik dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripksikan dan menjelaskan strategi bertutur, konteks situasi penggunaan strategi bertutur, dampak penggunaan strategi bertutur terhadap kejelasan maksud penutur, dan dampak penggunaan strategi bertutur terhadap kesantunan berbahasa guru dalam proses pembelajaran di SMP Perguruan Islam Ar-Risalah Padang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian berupa rekaman tindak tutur dan hasil pengamatan tindak tutur yang dilakukan oleh siswa, dan hasil wawancara dengan guru dan siswa di SMP Perguruan Islam Ar-Risalah Padang. Analisis data dilakukan dengan mengikuti model Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan kesimpulan tentang temuan penelitian. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan data didapatkan empat simpulan. Pertama, strategi bertutur yang digunakan guru dalam proses pembelajaran di SMP Perguruan Islam Ar-Risalah Padang adalah strategi bertutur terus-terang tanpa basa-basi (BTTB), strategi bertutur terus-terang dengan basa basi kesantunan positif (BTBKP), strategi bertutur terus-terang dengan basa-basi kesantunan negatif (BTBKN), dan strategi bertutur samar-samar (BS). Dari keempat strategi bertutur yang paling disukai oleh siswa adalah strategi bertutur terus-terang dengan basa-basi kesantunan positif dan strategi bertutur terus-terang dengan basa-basi kesantunan negatif. Kedua, konteks yang digunakan dalam setiap penggunaan strategi bertutur adalah konteks situasi tenang (strategi BTTB dan strategi BTTBKP) dan konteks situasi ribut (strategi BTTB). Ketiga, penggunaan strategi BTTB dan BTBKP berdampak atau mengakibatkan makna tindak tutur menjadi jelas. Penggunaan strategi BTBKN dan BS berdampak atau mengakibatkan makna tindak tutur kurang jelas. Keempat, penggunaan strategi BTTB dan BTBKP berdampak atau mengakibatkan makna tindak tutur terasa santun dalam konteks masalah yang dibicarakan tidak sensitif dan dalam suasana akrab atau humor. Penggunaan strategi BTBKN dan BS berdampak santun dalam konteks suasana resmi dan kurang akrab.
| Item Type: | Thesis (Diploma/Tugas Akhir) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi, Dampak, Proses Pembelajaran |
| Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 01:11 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 01:11 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29867 |
