Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Vas Bunga dari Kain Flanel Melalui Media Video Tutorial bagi Anak Tunarungu Kelas VII

Ilahi, Fajri (2018) Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Vas Bunga dari Kain Flanel Melalui Media Video Tutorial bagi Anak Tunarungu Kelas VII. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_02_FAJRI_ILAHI_1300116_123_2019.pdf] Text
final_B1_02_FAJRI_ILAHI_1300116_123_2019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini anak belum terampil membuat vas bunga dengan baik dan benar. Diawal pengamatan tampak banyak sekali kain flanel tidak dimafaatkan, sehingga peneliti melakukan wawancara dengan guru kelas. Berdasarkan wawancara guru pernah melaksanakan pembuatan vas bunga dengan menggunakan metode ceramah dan penugasan namun anak sering terlihat bosan dan malas, hasil yang didapatkan juga tidak bagus. Sehingga peneliti mengamati anak membuat vas bunga untuk melihat kondisi awal anak. Kondisi awal anak didapatkan memiliki hasil dibawah 50% yaitu anak W 40,2% dan S 35,6%. Maka dari itu peneliti tertarik untuk meningkatkan pembuatan vas bunga melalui media video tutorial, yang mana melalui media video tutorial anak diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk aktif, kreatif, mengembangkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas masalah yang dihadapinya. Tujuan penelitian ini yaitu 1). Meningkatkan keterampilan membuat vas bunga, 2).Membuktikan media video tutorial dapat meningkatkan keterampilan membuat vas bunga pada anak tunarungu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek dua orang anak tunarungu dan satu orang guru kelas. Penelitian ini melibatkan guru kelas sebagai pengamat. Data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu melalui observasi, tes perbuatan ,dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, siklus I dilakukan sebanyak empat kali pertemuan, hasil kemampuan anak pada akhir pertemuan siklus I W 52,8 % dan S 48,2%. Kemampuan yang dimiliki anak belum optimal, karena hasil kerja belum semuanya bisa dikuasai anak. Peneliti dan kolaborator melanjutkan pada siklus II agar mendapatkan nilai yang optimal. Pada siklus II ini juga dilakukan sebanyak empat kali pertemuan. Hasil pengukuran kemampuan W 91,9% dan S 87,3%. Berdasarkan hasil siklus I dan II ini anak sudah mandiri dan mencapai hasil yang optimal dalam keterampilan membuat vas bunga dari kain flanel melalui media video tutorial . Hal ini dapat dilihat dari peningkatan yang didapatkan dari siklus I dan II, sehingga dapat disimpulkan bahwa media video tutorial dapat meningkatkan keterampilan membuat vas bunga bagi anak tunarungu. Maka dari itu peneliti menyarankan agar guru menggunakan atau menerapkan media video tutorial dalam pembelajaran lainnya

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Vas Bunga, Media Tutorial Video, Tuli
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 24 Nov 2025 01:09
Last Modified: 24 Nov 2025 01:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29860

Actions (login required)

View Item
View Item