Peningkatan Keterampilan Menulis Laporan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas VIII-2 MTSN Model Kuok Kota Bangkinang

Diastuti, Indah Mei (2015) Peningkatan Keterampilan Menulis Laporan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas VIII-2 MTSN Model Kuok Kota Bangkinang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_INDAH_MEI_DIASTUTI_1209074_1904_2015.pdf] Text
final_2_INDAH_MEI_DIASTUTI_1209074_1904_2015.pdf

Download (472kB)

Abstract

Kurikulum mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia merupakan program untuk mengembangkan pengetahuan keterampilan berbahasa yang meliputi mendengar atau menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Menulis laporan merupakan sebuah kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa kelas VIII. Namun berdasarkan observasi pada masa prasiklus ditemukan bahwa siswa kurang bersemangat sehingga pencapaian siswa dalam keterampilan menulis laporan tidak sesuai dengan harapan. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan seberapa besar peningkatan dan hasil menulis laporan serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keterampilan menulis laporan melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dilaksanakan dalam dua kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi untuk siswa, guru, dan catatan lapangan. Berdasarkan analisis data kualitatif dalam pembelajaran, siswa termotivasi untuk belajar sungguh-sungguh, aktif melakukan tanya jawab, serius dalam melaksanakan tugas, serta siswa sudah berani menyampaikan ide-ide atau pendapatnya kepada orang lain. Adapun pada data kuantatif ditemukan bahwa hasil tes unjuk kerja menunjukkan peningkatan yang signifikan terhadap keterampilan menulis laporan. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan dibandingkan prasiklus walaupun masih terdapat siswa yang belum tuntas. Sedangkan pada siklus II hanya satu siswa yang tidak tuntas. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatiftipe jigsaw dapat meningkatkan minat siswa yang berimbas pada meningkatnya keterampilan menulis laporan.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Menulis; Jigsaw
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 24 Nov 2025 01:09
Last Modified: 24 Nov 2025 01:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29859

Actions (login required)

View Item
View Item