Wahyuni, Dera Suci Tri (2023) Pengembangan E-Booklet Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Sejarah untuk Siswa SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_02_DERA_SUCI_TRI_WAHYUNI_19046013_1531_2023.pdf
Download (10MB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini kurang bervariasinya bahan ajar yang menggunakan teknologi oleh guru dan siswa dalam pembelajaran Sejarah, didominasi bahan ajar yang menggunakan cetak, kurangnya pemafaatan bahan ajar yang berteknologi, dan bahan ajar yang digunakan hanya sedikit menampilkan visualisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar pembelajaran Sejarah Indonesia yang menggunakan tenologi terkini yaitu bahan ajar elektronik, khususnya pada materi Proses Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Devolopment dengan model ADDIE yang terdiri lima tahap yaitu: Analysis, Design, Development,Implementation, dan Evaluation. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan bahan ajar e-booklet yang berbasis elktronik, menganalisis tingkat kelayakan dari bahan ajar e-booklet, dan menganalisis kepraktisan bahan ajar e-booklet. Pada tahap pengumpulan data teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan lembar angket. Untuk teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini diukur menggunakan skala Likert. Uji kelayakan bahan ajar e-booklet dilakukan oleh beberapa para ahli yakni ahli materi, ahli bahan ajar yang dilakukan oleh dosen sejarah. Pada uji praktikalitas dilakukan pada guru Sejarah dan siswa kelas X fase E.8 SMAN 8 Padang dengan menggunakan angket secara langsung. Hasil analisis uji kelayakan ahli materi Sejarah Indonesia berada pada kategori sangat layak dengan rata-rata sebesar 3,66. Hasil uji kelayakan ahli bahan ajar dilakukan sebanyak dua kali, pada validasi pertama mendapatkan skor pada kategori sangat layak dengan rata-rata 3,54. Setelah bahan ajar di revisi dan di uji kelayakan ulang mendapatkan skor pada kategori sangat layak dengan rata-rat 3,81. Kemudian analisis bahan ajar e-booklet diuji praktikalitas sebagai bahan ajar pembelajaran sejarah Indonesia dari guru dan siswa, untuk uji praktikalitas dari guru sejarah mendapatkan rata-rata 3,73 berada pada kategori sangat praktis. Bahan ajar e-booklet diujikan langsung kepada siswa dalam kelas dengan praktik pembelajaran, hasil analisis praktikalitas bahan ajar e-booklet oleh siswa dengan memperoleh hasil rata-rata 3,43 yang berada pada kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan e-booklet pada pembelajaran Sejarah Indonesia materi Proses masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia, layak dan praktis digunakan sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Sejarah.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Sejarah, Bahan Ajar, E-Booklet, |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 01:08 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 01:08 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29848 |
