Syahrin, Alfi (2014) Perbandingan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Resensi Melalui Metode JINGSAWDAN DISCOVERY LEARNING Siswa Kelas XI MAN 1 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negri Padang.
final_2_ALFI_SYAHRIN_1204022_1199_2014.pdf
Download (517kB)
Abstract
Proses pembelajaran Bahasa Indonesia selama ini berpusat pada guru dan
bersifat konvensional. Dalam metode ini, siswa kurang aktif dan sedikit
memperoleh kesempatan untuk melakukan eksplorasi pembelajaran, sehingga
siswa kurang memahami konsep pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya
dalam keterampilan menulis resensi. Metode pembelajaran seperti itu harus
diubah, dan diupayakan agar guru dalam setiap proses pembelajaran Bahasa
Indonesia
dapat menggunakan metode pembelajaran jigsaw dan discovery
learning yang lebih bervariasi dan melibatkan keaktifan siswa. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mendeskripsikan perbandingan metode pembelajaran jigsaw dan
pembelajaran discovery learning dalam keterampilan menulis resensi.
Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam
penelitian ini 222 siswa kelas XI MAN 1 Padang. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 72 siswa dari dua kelas, yakni kelas eksperimen I dan kelas eksperimen
II, masing-masing kelas terdiri dari 36 siswa. Teknik penarikan sampel yang
digunakan adalah random sampling dengan Pengujian hipotesis menggunakan uji ―t‖.
Berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa adanya perbedaan yang signifikan
antara hasil pembelajaran keterampilan menulis resensi antara metode
pembelajaran jigsaw dengan metode pembelajaran discovery learning. Hal ini
tampak dari hasil perbandingan pada uji hipotesis ketiga. Berdasarkan perhitungan
diperoleh harga thitung = 2,065 kemudian dikonsultasikan t(0,05)(70) maka secara
interpolasi diperoleh harga thitung > ttabel = 2,065 > 1,660. Dengan demikian,
hipotesis Ha ―diterima‖ sehingga dapat disimpulkan adanya perbedaan yang
signifikan antara keterampilan menulis resensi siswa yang diajar dengan metode
pembelajaran jigsaw dibanding dengan siswa yang diajar dengan metode
pembelajaran discovery learning. Metode pembelajaran jigsaw lebih efektif pada
pencapaian hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis resensi dibandingkan
dengan metode pembelajaran discovery learning.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Menulis Resensi |
| Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 01:05 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 01:05 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29836 |
