Hutauruk, Lauren Alfa (2013) Peningkatan Kompetensi Melaksanakan Pengukuran Konstruksi Melalui Metode Demonstrasi dan Kerja Kelompok Siswa Kelas XI Teknik Konstruksi Batu Beton SMK Negeri 3 Sibolga. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_LAUREN_ ALFAH_HUTAURUK_1209500_207_2012.pdf [thumbnail of B1_01_LAUREN_ ALFAH_HUTAURUK_1209500_207_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_LAUREN_ ALFAH_HUTAURUK_1209500_207_2012.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan adalah untuk menjawab kesulitan
siswa dalam meningkatkan kompetensi melaksanakan pengukuran konstruksi di
SMK Negeri 3 Sibolga. Hal ini ditunjukkan dari perolehan nilai akhir semester
masih terdapat nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian
bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan meningkatkan keterlibatan siswa
pada proses pembelajaran. Subjek penelitian adalah kelas XI Teknik Konstruksi
Batu Beton SMKNegeri 3 Sibolga pada semester ganjil tahun pelajaran
2012/2013.
Dalam penelitian tindakan kelas dengan judul Peningkatan Kompetensi
Melaksanakan Pengukuran Konstruksi Melalui Metode Demonstrasi Dan Kerja
Kelompok dengan kompetensi dasar Memasang papan duga pekerjaan pada
pekerjaan konstruksi bangunan dilaksanakan satu siklus (siklus I). Dalam
pelaksanaannya siswa semangat dan termotivasi dalam melaksanakan pekerjaan,
karena dengan adanya kerja kelompok, masing-masing siswa dapat saling
berkomunikasi dan bekerja sama dalam melaksanakan pekerjaan yang akhirnya
kekurangan diantara kelompok dapat saling mengisi.
Dari hasil observasi kegiatan siswa tentang pelaksanaan pelajaran, dari
aspek sikap siswa dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) 100 % siswa merasa
senang dengan teknik yang diberikan guru, dan mengikuti pelajaran dengan sangat
baik, (2) 100% siswa terlihat aktif dalam melaksanakan pekerjaan (3) 100 %
siswa semangat dan saling kerja sama dalam melaksanakan pekerjaan. (4) 100%
siswa dapat berkomunikasi dan berdiskusi satu sama lain dalam melaksanakan
pekerjaan. Kemajuan pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dapat
dilihat dari gambaran kemampuan dari siklus I dengan membandingkan hasil
sebelum dan sesudah siklus. Pada siklus I dengan menggunakan metoda ini nilai
teori yaitu rata-rata 76,6, sedangkan untuk nilai praktek adalah 80,8 dan nilai
akhir yaitu rata-rata 79,1 dengan persentase ketuntasan adalah 100%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 01:39 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 01:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/2983 |