Formen, Zedri (2013) Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Guru SMK Negeri di Kecamatan Lubuk Basung. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_1_ZEDRI_FORMEN_1103545_3614_2103.pdf
Download (211kB)
Abstract
Kepuasan kerja guru merupakan salah satu faktor yang ikut menentukan dalam meningkatkan efektifitas proses pembelajaran di sekolah. Berdasarkan survei awal terhadap beberapa orang guru pada SMK Negeri di Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam, terindikasi guru memiliki kepuasan kerja yang rendah. Fenomena ini diduga berhubungan erat dengan faktor gaya kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja guru yang kurang kondusif. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkapkan besarnya kontribusi gaya kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja guru di SMK Negeri se Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah: 1) Gaya kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi terhadap kepuasan kerja guru, 2) Lingkungan kerja berkontribusi terhadap kepuasan kerja guru, 3) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja secara bersama-sama berkontribusi terhadap kepuasan kerja guru. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMK Negeri di Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam yang berjumlah 126 orang guru. Sampel penelitian sebanyak 54 orang yang diambil dengan teknik stratified proportional random sampling, dengan penetapan status kepegawaian dan masa kerja sebagai strata populasinya. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket model skala Likert, yang telah teruji validitas dan reliabilitas. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis korelasi dan regresi. Hasil pengujian hipotesis memperlihatkan bahwa ketiga hipotesis yang diajukan dapat diterima, yaitu gaya kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama berkontribusi terhadap kepuasan kerja guru. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi sebesar 23,7% terhadap kepuasan kerja guru, variabel lingkungan kerja memberikan kontribusi sebesar 35,7% terhadap kepuasan kerja guru. Secara bersama-sama kedua variabel berkontribusi sebesar 47,6 % terhadap kepuasan kerja guru. Disimpulkan bahwa kedua variabel bebas memiliki peranan penting dan berkontribusi signifikan terhadap kepuasan kerja guru disamping faktor-faktor lain yang tidak dibicarakan dalam penelitian ini. Dengan kata lain kepuasan kerja guru dapat ditingkatkan melalui efektifitas gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kondisi lingkungan kerja yang kondusif. Dari temuan penelitian disarankan kepada kepala SMK Negeri di Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam dan semua pihak yang terlibat untuk memperhatikan kedua faktor yaitu gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kondisi lingkungan kerja dalam meningkatkan kepuasan kerja guru
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Additional Information: | Gaya Kepemimpinan, Sekolah, lingkungan Kerja |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 01:02 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 01:02 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29826 |
