Hubungan Minat Baca dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Babussalam Pekanbaru

Mukhlis, Muhammad (2013) Hubungan Minat Baca dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Babussalam Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_MUHAMMAD_MUKHLIS_1109805_5677_2013.pdf] Text
final_2_MUHAMMAD_MUKHLIS_1109805_5677_2013.pdf

Download (742kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil observasi yang teridentifikasi rendahnya minat baca dan motivasi belajar yang diduga berdampak terhadap rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian tentang hubungan minat baca dan motivasi belajar dengan hasil belajar bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara minat baca dan motivasi belajar dengan hasil belajar bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional. Objek penelitian ini ialah siswa kelas XI SMA Babussalam Pekanbaru dengan jumlah sampel 97 siswa. Sempel penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Angket digunakan sebagai instrumen untuk mengumpulkan data minat baca dan motivasi belajar. Setiap butir pernyataan angket minat baca dan motivasi belajar, divalidasi dengan menggunakan analisis korelasi produk moment, sedangkan reliabilitas dianalisis dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Data hasil belajar bahasa Indonesia diperoleh dari nilai rapor semester satu siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Data dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi sederhana dan ganda, regresi, dan korelasi parsial. Temuan penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca bahasa Indonesia dengan hasil belajar bahasa Indonesia. Kedua, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar bahasa Indonesia dengan hasil belajar bahasa Indonesia. Ketiga, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca bahasa Indonesia dan motivasi belajar bahasa Indonesia secara bersama-sama dengan hasil belajar bahasa Indonesia. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi minat baca dan motivasi belajar siswa, akan semakin tinggi pula hasil belajar bahasa Indonesia yang diraihnya. Hasil belajar bahasa Indonesia dapat ditingkatkan melalui peningkatan minat baca dan motivasi belajar siswa, baik secara bersama-sama atau setiap variabel.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Minat Baca Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Babussalam Pekanbaru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 24 Nov 2025 01:00
Last Modified: 24 Nov 2025 01:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29823

Actions (login required)

View Item
View Item