Kontribusi Manajemen Implementasi Berbasis Sekolah dan Konsep Diri terhadap Kinerja Kepala Sekolah SD Negeri Kota Padangsidimpuan.

Nisra, Wardiana (2014) Kontribusi Manajemen Implementasi Berbasis Sekolah dan Konsep Diri terhadap Kinerja Kepala Sekolah SD Negeri Kota Padangsidimpuan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_WARDIANA_NISRA_19077_5810_2014.pdf] Text
final_1_WARDIANA_NISRA_19077_5810_2014.pdf

Download (210kB)

Abstract

Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini terlihat bahwa Dalam membuat suatu kebijakan yang tidak terlalu prinsip kepala sekolah sering ragu ragu dan selalu mengkoordinasikan dengan atasan akibatnya otonomi sekolah tidak berkembang, Dalam pengambilan suatu keputusan kepala sekolah tidak melibatkan semua warga sekolah, kepala sekolah lebih banyak menunggu instruksi dari Dinas Pendidikan yang seharusnya kepala sekolah dapat mengambil kebijakan, kepala sekolah tidak mempunyai dedikasi, seorang kepala sekolah seharusnya mempengaruhi bawahan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar namun kenyataan lebih banyak hanya melakukan kontrol, kepala sekolah lebih sering mengatur bawahan, kepala sekolah masih dijumpai kekurang tepatan dalam menujukan proses dan hasil program kerja yang dicapai baik secara kualitas maupun kuantitas serta menentukan progran tidak lanjut atas kendala yang dijumpai, kepala sekolah masih banyak mengarahkan bagimana melaksanakan PBM yang baik dengan media pelajaran yang memadai, dan kurang memfasilitasi dalam pemilihan media pelajaran, kepala sekolah lebih senang memberi informasi terpribadi, maksudanya ialah informasi yang seharusnya diketahui oleh guru dari kepala sekolah namun guru mendapat informasi dari guru yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk implementasi MBS berkontribusi terhadap kinerja kepala sekolah dasar di Kota Padangsidimpuan, konsep diri berkontribusi terhadap kinerja kepala sekolah dasar di Kota Padangsidimpuan, implementasi MBS dan konsep diri secara bersama berkontribusi terhadap kinerja kepala sekolah dasar di Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metoda kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah 84 orang kepala sekolah Negeri di Kota Padangsidimpuan. Sampel 84 orang kepala sekolah yang terpilih melalui teknik Total Sampling. Penelitian analisis model skala Likert yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Data ini dianalisis secara statistik menggunakan teknik korelasi dan regresi menggunakan program SPSS Versi 16 Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) Implementasi manajeman berbasis sekolah berkontribusi terhadap Kinerja Kepala Sekolah Kota Padangsidimpuan dengan besaran kontribusi sebesar 15,6%, (2) Konsep diri berkontribusi terhadap kinerja kepala sekolah Kota Padangsidimpuan dengan besaran sebesar 18,9%, (3) Implementasi manajeman berbasis sekolah dan konsep dirisecara bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja kepala sekolah sebesar 23,3%. Hal ini menjelaskan bahwa untuk meningkatkan kinerja kepala sekolah yang baik dan ideal sebaiknya dilakukan melalui implementasi manajeman berbasis sekolah dan konsep diri.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Implementasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 24 Nov 2025 00:59
Last Modified: 24 Nov 2025 00:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29813

Actions (login required)

View Item
View Item