Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bungaraya Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak

Sudirmo, Sudirmo (2014) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bungaraya Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_SUDIRMO_1109879_1925_2014.pdf] Text
final_1_SUDIRMO_1109879_1925_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan merancang media pembelajaran berbasis website model interaktif tutorial pada materi olah angka. Mengembangkan media pembelajaran berbasis website model interaktif tutorial pada materi olah angka yang valid. Mengembangkan media pembelajaran berbasis website model interaktif tutorial pada materi olah angka yang praktis. Mengembangkan media pembelajaran berbasis website model interaktif tutorial pada materi olah angka yang efektif. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model dan Prosedur pengembangan. Data yang diperoleh untuk menentukan kevalidan media pembelajaran berbasis website model tutorial berasal dari angket validasi. Data untuk menentukan praktikalitas diperoleh dari angket praktikalitas guru dan siswa. Data efektivitas di peroleh dari hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa validitas media pembelajaran berbasis website model tutorial pada materi mengolah dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar, dan diagram untuk menghasilkan informasi di kelas XI IPS telah dinilai oleh validator dengan berbagai kajiannya dengan kriteria aspek penilaian yaitu: syarat instruksional, syarat kosmetik, syarat program dan syarat kurikulum dengan kategori sangat valid. Praktikalitas media pembelajaran berbasis website model tutorial interaktif pada materi mengolah dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar, dan diagram untuk menghasilkan informasi setelah diujicobakan kepada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Bungaraya, dan berdasarkan tanggapan guru TIK dikategorikan sangat praktis. Media ini mudah dalam penggunaannya, petunjuk penggunaannya jelas, langkah-langkah dalam mengolah dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar, dan diagram untuk menghasilkan informasi yang dipandu oleh video tutorial jelas, sehingga siswa senang dalam menyelesaikan latihan-latihan secara mandiri. Efektivitas media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan media berbasis website model tutorial ini menunjukkan hasil yang sangat efektif. Siswa yang memperoleh nilai diatas KKM sebanyak 90%, siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM hanya 10% dan nilai rata-rata hasil belajar siswa 84,8. Hal ini menunjukkkan media pembelajaran yang dikembangkan sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan media, Teknologi informasi
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 24 Nov 2025 00:58
Last Modified: 24 Nov 2025 00:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29811

Actions (login required)

View Item
View Item