Kontribusi Supervisi Akademik dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan

Risnayeti, Risnayeti (2012) Kontribusi Supervisi Akademik dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_1_RISNAYETI_19688_2012.pdf] Text
final_1_RISNAYETI_19688_2012.pdf

Download (132kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi secara umum dan survei awal di lapangan, kinerja guru SD di Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan terkesan belum baik. Apabila keadaan ini dibiarkan tentu akan berdampak terhadap peningkatan mutu pendidikan. Setelah diprediksi, kondisi tersebut disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya faktor supervisi akademik dan motivasi berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menganalisis seberapa besar kontribusi supervisi akademik dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah seluruh guru SD di Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan berjumlah 291 orang, sedangkan sampel berjumlah 76 orang yang ditetapkan dengan teknik Stratified Prorptional Random Sampling dan strata yang digunakan adalah strata tingkat pendidikan dan masa kerja. Data diperoleh dengan menggunakan angket skala likert yang telah diuji kesahihan dan keandalannya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa supervisi akademik berkontribusi cukup signifikan terhadap kinerja guru sebesar 8,3%. Motivasi berprestasi berkontribusi secara signifikan sebesar 9,8%, sedangkan supervisi akademik dan motivasi berprestasi secara bersama-sama berkontribusi sebesar 16,1%. Analisis data tesebut, telah menunjukkan bahwa ketiga hipotesis dapat diterima secara empiris. Dari hasil temuan dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik dan motivasi berprestasi merupakan dua variabel bebas yang berdampak positif terhadap variabel terikat kinerja guru. untuk meningkatkan kinerja guru SD di Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan perlu ditingkatkan supervisi akademik dan motivasi berprestasi secara kontiniu dan berkelanjutan serta terprogram

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Supervisi Akademik, Motivasi Berprestasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Nov 2025 09:56
Last Modified: 21 Nov 2025 09:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29806

Actions (login required)

View Item
View Item