Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan(PKn) dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share di Kelas V SDN 14 Koto Baru Pesisir Selatan

Sasmito, Dina (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan(PKn) dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share di Kelas V SDN 14 Koto Baru Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DINA_SASMITO_93643_2011.pdf] Text
final_B1_DINA_SASMITO_93643_2011.pdf

Download (218kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan peneliti di lapangan bahwa pembelajaran PKn yang dilaksanakan oleh guru sering menggunakan model pembelajaran konvensional, dimana guru selalu menjadi pusat pembelajaran (teaching centered) sehingga hasil belajar PKn siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Oleh sebab itu dilakukan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-share yang menjadikan siswa pusat pembelajaran itu sendiri (student centered). Penelitian ini bertujuan untuk
memperbaiki proses pembelajaran PKn di kelas sehingga dapat meningkatkan hasil belajar PKn di kelas V SD Negeri 14 Koto Baru kambang Pesisir Selatan. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK)
dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Siklus I dilaksanakan Dua kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan dua kali pertemuan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes dan diskusi. Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan model pembelajaran kooperetif tipe TPS melalui dua siklus dapat meningkatkan hasil belajar PKn di SDN 14 Koto Baru Kambang Pesisir Selatan. Rata-rata kelas hasil belajar siswa
sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS adalah 65,3.Setelah menggunakan model pembelajaran koopertif tipe TPS rata-rata kelas hasil belajar siswa pada siklus I adalah 68,2 dan pada siklus II mengalami
peningkatan yaitu 83,9. Dengan demikian terbukti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siwa dalm pembelajaran PKn dikelas V SDN 14 Koto Baru Kambang Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 21 Nov 2025 09:53
Last Modified: 21 Nov 2025 09:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29802

Actions (login required)

View Item
View Item