Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi melalui Pengembangan Mind Map Siswa Kelas X di MAN 2 Padang

Meyrina, Dina (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi melalui Pengembangan Mind Map Siswa Kelas X di MAN 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DINA_MEYRINA_76942_2011.pdf] Text
final_B1_DINA_MEYRINA_76942_2011.pdf

Download (587kB)

Abstract

Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah “ peningkatan keterampilan menulis karangan eksposisi melalui pengembangan Mind map siswa kelas X di MAN 2 Padang.” Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
sejauh mana pengembangan Mind map dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas X MAN 2 Padang Tahun Pelajaran 2010/2011.Berkaitan dengan permasalahan, teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) hakikat menulis; (2) hakikat karangan eksposisi; (3) Media pembelajaran dalam menulis karangan eksposisi; (4) hakikat Mind map Jenis penelitian tindakan kelas yaitu kuantitatif dan kualitatif dengan
menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa hasil tes unjuk kerja tertulis siswa, lembar observasi, dan lembar angket respon siswa terhadap
pembelajaran sebagai instrument dan catatan lapangan. Prosedur penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat unsur, yaitu (1)perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi/evaluasi (4) refleksi. Penelitian ini dirancang untuk dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan tiga kali tatap muka. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 2 Padang berjumlah 30 orang.
Berdasarkan deskripsi data dan analisis data dapat disimpulkan keterampilan menulis karangan eksposisi melalui pengembangan Mind map siswa kelas X di MAN 2 Padang pada siklus I dan siklus II dengan menggunakan teknik
Mind map dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam (1) menggunakan teknik Mind map dapat meningkatkan keterampilan siswa berupa tulisan yang memberikan pengertian dan pengetahuan dalam menulis karangan eksposisi dari
kualifikasi lebih dari cukup menjadi kualifikasi baik; (2) menggunakan teknik Mind map dapat meningkatkan keterampilan siswa menjawab pertanyaaan tentang apa mengapa dan bagaimana dalam menulis karangan eksposisi dari kualifikasi cukup menjadi kualifikasi baik; (3) menggunakan teknik Mind map
dapat meningkatkan keterampilan siswa disampaikan dengan lugas dengan bahasa baku dalam menulis karangan eksposisi dari kualifikasi cukup menjadi kualifikasi lebih dari cukup; (4) menggunakan teknik Mind map dapat meningkatkan
keterampilan siswa menggunakan nada netral, tidak memihak dan memaksakan sikap terhadap pembaca dalam menulis karangan eksposisi dari kualifikasi cukup menjadi kualifikasi baik. Keterampilan menulis karangan eksposisi melalui
pengembangan Mind map pada seluruh aspek secara umum sudah dikatakan baik. Hal ini terbukti dari rata-rata hasil tes pada siklus II yaitu 73,25%. Namun, dibandingkan dengan hasil tes pada siklus I terjadi peningkatan yaitu dari 64,33% menjadi 73,25 meningkat 8,92%. Berdasarkan analisis data nilai keterampilan menulis karangan eksposisi siswa dengan menggunakan teknik mind map dari analisis data nilai keterampilan menulis karangan eksposisi melalui pengembangan Mind map siswa kelas X di MAN 2 Padang terdapat peningkatan dari siklus II dibandingkan siklus I sudah mencapai (KKM 70%) KTSP MAN 2 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 21 Nov 2025 08:54
Last Modified: 21 Nov 2025 08:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29771

Actions (login required)

View Item
View Item