Penerapan Media Grafik Batang dalam Pembelajaran Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas X SMA Semen Padang.

Setiawati, Desi (2009) Penerapan Media Grafik Batang dalam Pembelajaran Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas X SMA Semen Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DESI SETIAWATI 63963-05-09.pdf] Text
final_B1_DESI SETIAWATI 63963-05-09.pdf

Download (160kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga landasan. Pertama, mata pelajaran bahasaIndonesia adalah mata pelajaran yang menunutut siswa untuk berpikir dan bernalar secarakompleks. Mata pelajaran bahasa Indonesia, mencakup empat aspek kebahasaan yangmembutuhkan keseriusan dan kefokusan dalam mempelajarinya. Kedua, kurangnyarespon dan minat siswa dalam menulis apabila tidak disertai dengan media. Ketiga,penggunaan media grafik batang belum efektif dalam membantu siswa menulis karanganeksposisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dankemampuan siswa kelas X4 SMA Semen Padang dalam menulis karangan eksposisimenggunakan media grafik batang. Penelitian ini dilakukan pada 13 Juni 2009 di SMASemen Padang.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X4 SMA Semen Padang. Analisis datadilakukan dengan cara sebagai berikut: pertama, memeriksa hasil tulisan siswa denganmenggunakan tabel terlampir, kedua, mencatat skor yang diperoleh siswa, ketiga,menentukan nilai masing-masing sampel, keempat, menentukan nilai rata-ratakemampuan siswa kelas X4 SMA Semen Padang dalam menulis karangan eksposisidengan media grafik batang, kelima, mengkonversikan kemampuan rata-rata siswadengan skala konversi, keenam, mengelompokkan kemampuan siswa, ketujuh,menampilkan data dalam bentuk grafik, kedelapan, penyimpulan data, kesembilan,menarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menulis karangan eksposisisiswa kelas X SMA Semen Padang adalah sebagai berikut: (1) kemampuan siswamemberikan pengertian dan pengetahuan tergolong baik sekali, dengan nilai 87.20, (2)kemampuan siswa memaparkan tentang apa, mengapa, kapan, dan bagaimana tergolonglebih dari cukup dengan nilai 66.60, (3) kemampuan siswa menyampaikan dengan lugasdalam bahasa baku tergolong hampir cukup, dengan nilai 46.90, (4) kemampuan siswamenggunakan nada netral, tidak memihak dan memaksakan sikap penulis terhadappembaca tergolong sempurna, dengan nilai 96,07.Berdasarkan simpulan, penelitian ini direkomendasikan sebagai berikut: Pertama,bagi guru Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA Semen Padang, hasil penelitian dapatdigunakan sebagai bahan evaluasi dan penyempurnaan dalam proses belajar mengajarserta sebagai bahan masukan dalam mengerjakan keterampilan menulis karanganeksposisi kepada siswa. Kedua, bagi siswa kelas X SMA Semen Padang, hasil penelitianini membantu siswa untuk pengembangan kemampuan menulis, dan Ketiga, bagi peneliti,hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan kajian akademik dan bekalpengetahuan lapangan khususnya pembelajaran keterampilan menulis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEDIA GRAFIK BATANG, PEMBELAJARAN MENULIS, KARANGAN EKSPOSISI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 21 Nov 2025 04:08
Last Modified: 21 Nov 2025 04:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29765

Actions (login required)

View Item
View Item