Hubungan Kesiapan Belajar dengan Hasil Belajar Gambar Teknik Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan

Sariminggu Dent, Dent (2013) Hubungan Kesiapan Belajar dengan Hasil Belajar Gambar Teknik Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_02_DENT_ SARIMINGGU_06008_3954_2013.pdf] Text
final_B1_02_DENT_ SARIMINGGU_06008_3954_2013.pdf

Download (531kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengungkapkan hubungan kesiapan belajar dengan hasil belajar Gambar Teknik mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan jurusan Teknik Sipil FT UNP. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasi. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2010 yang sudah mengambil mata kuliah Gambar Teknik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan rumus dari Taro Yamane dan diperoleh sampel sebanyak 44 orang mahasiswa. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu kesiapan belajar yang merupakan variabel bebas (X) dan hasil belajar Gambar Teknik mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT UNP sebagai variabel Terikat (Y). Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket dengan skala Likert. Dari hasil analisis data diperoleh korelasi yang signifikan antara kesiapan belajar dengan hasil belajar sebesar 0,291 dengan koefisien determinasinya adalah 8,47%. Hipotesis yang diajukan yakni terdapat hubungan kesiapan belajar dengan hasil belajar Gambar Teknik mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT UNP diterima. Ini berarti kesiapan belajar merupakan salah satu faktor yang berhubungan dengan hasil belajar Gambar Teknik mahasiswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Belajar Gambar Teknik
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Nov 2025 04:08
Last Modified: 21 Nov 2025 04:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29762

Actions (login required)

View Item
View Item