Efektifitas Metode Al-Bayan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah bagi Anak Tunarungu kelas VI di SLB Negeri 1 Padang: Single Subject Research SLB Negeri 1 Padang

Herlina, Heni (2013) Efektifitas Metode Al-Bayan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah bagi Anak Tunarungu kelas VI di SLB Negeri 1 Padang: Single Subject Research SLB Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_02_HENI_HERLINA_ 95916_5502_2014.pdf] Text
final_B1_02_HENI_HERLINA_ 95916_5502_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari studi kasus yang penulis lakukan di SLB Negeri 1 Padang. Peneliti menemukan anak tunarungu di kelas VI yang belum bisa membaca beberapa huruf Hijaiyah diantaranya ﻱ ﺀ ﻫ و ن م ل ك ر ذ د خ ح ج ق ف غ ع ظ ط ض ص ش س ز. Namun dalam penelitian ini penulis membatasi huruf ج hingga ص. Oleh karena itu penulis tertarik untuk menggunakan metode Al-Bayan untuk meningkatkan kemampuan membaca beberapa huruf Hijaiyah bagi anak tunarungu. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah anak tunarungu (x) kelas VI. Target behavior dalam penelitian ini adalah kemampuan anak membaca huruf Hijaiyah. Penelitian ini terlebih dahulu dilihat dari kondisi baseline I, kemudian dilanjutkan pada kondisi intervensi (B), dan setelah itu dilanjutkan pada kondisi baseline II. Data yang diperoleh diolah dengan grafik, sehingga hasil antar kondisi dapat tergambar. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa kemampuan membaca huruf Hijaiyah anak tunarungu (x). Pada kondisi baseline I sudah anak mampu membaca 4 huruf Hijaiyah, kemudian pada kondisi intervensi kemampuan anak meningkat anak mampu membaca 10 huruf Hijaiyah dan pada kondisi baseline II anak sudah mampu membaca huruf Hijaiyah yang penulis berikan. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima dengan kecendrungan arah (+), kecendrungan stabilitas dan overlape data 20%, Artinya melalui metode Al-Bayan dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf Hijaiyah bagi anak tunarungu (x). maka penulis menyarankan kepada guru agar menggunakan metode Al-Bayan untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf Hijaiyah bagi anak tunarungu.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak tunarungu, Al-bayyan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Nov 2025 04:07
Last Modified: 21 Nov 2025 04:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29761

Actions (login required)

View Item
View Item