Peningkatan Keterampilan Menulis Ringkasan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas VIII 7 SMP Negeri 1 Batusangkar

Desrina, Ilhami (2014) Peningkatan Keterampilan Menulis Ringkasan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas VIII 7 SMP Negeri 1 Batusangkar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_ILHAMI_DESRINA_1103755_1364_2014.pdf] Text
final_2_ILHAMI_DESRINA_1103755_1364_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis ringkasan siswa. Kenyataan yang terjadi keterampilan menulis ringkasan siswa kelas VIII 7 SMPN 1 Batusangkar masih rendah. Hal ini disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat, sehingga siswa kurang termotivasi dalam menulis. Oleh sebab itu, diperlukan penelitian tindakan berupa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam menulis ringkasan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan menulis ringkasan melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa kelas VIII 7 SMPN 1 Batusangkar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII 7 SMPN 1 Batusangkar tahun pelajaran 2012/2013. Setiap siklus melalui empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dalam bentuk data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Selanjutnya data kuantitatif diperoleh melalui tes unjuk kerja dan angket respon siswa terhadap pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran keterampilan menulis ringkasan dapat meningkatkan keterampilan menulis ringkasan siswa. Peningkatan ini terlihat pada temuan penelitian nilai rata-rata siswa pada siklus 1 yaitu 7,4 berada pada klasifikasi lebih dari cukup dan siklus 2 dengan nilai rata-rata 8,2 berada pada klasifikasi baik. Dari data yang ditemukan melalui tindakan kedua siklus tersebut diperoleh simpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis ringkasan. Selain itu, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw menjadikan proses belajar menjadi menarik, menyenangkan karena keaktifan siswa dalam belajar, siswa menjadi mandiri, dan kreatif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Jigsaw
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Nov 2025 04:03
Last Modified: 21 Nov 2025 04:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29753

Actions (login required)

View Item
View Item