Peningkatan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Siswa dengan Problem Based Learning Pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI IPA SMAN 5 Padang

Rozalina, Wenny (2016) Peningkatan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Siswa dengan Problem Based Learning Pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI IPA SMAN 5 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_03_WENNY_ROZALINA_1204234_4784_2017.pdf] Text
final_03_WENNY_ROZALINA_1204234_4784_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Oleh sebab itu, peserta didik secara perseorangan harus memiliki kemampuan berpikir kritis dan kebiasaan untuk terus belajar serta kemampuan bekerja sama. Salah satu upaya dan langkah strategis yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan mengembangkan kemampuan metakognitif siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Dengan berkembangnya kemampuan metakognitif siswa maka siswa mampu menetapkan pendekatan yang sesuai dengan karakter diri untuk menyelesaikan tugas belajar yang diberikan guru, memonitor pemahaman diri tentang tugas belajar yang dijalaninya, dan mengevaluasi kemajuan tentang penyelesaian suatu tugas belajar sehingga siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan metakognitif dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Padang yang terdiri dari dua kelas sampel yaitu satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain penelitian ini adalah Randomized Only Control Group Design. Sumber data diperoleh dari lembar pengamatan keterampilan metakognitif dan tes hasil belajar untuk materi larutan penyangga. Data dianalisis dan dideskripsikan. Dari hasil uji hipotesis diperoleh data bahwa dengan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan keterampilan metakognitif dan hasil belajar siswa baik untuk siswa dengan kemampuan awal tinggi maupun rendah secara signifikan dari pada pembelajaran konvensional. Sedangkan dari uji korelasi diperoleh data bahwa tidak ada korelasi antara PBL dengan kemampuan awal siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Keterampilan
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Nov 2025 04:02
Last Modified: 21 Nov 2025 04:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29748

Actions (login required)

View Item
View Item