Pengembangan Buku Teks Pembelajaran IPA SMP/MTs Tema Gempa Bumi dengan Model Connected Berbasis SSCS (Search, Solve, Create And Share) Problem Solving untuk Meningkatkan Sikap Tanggap Bencana

Rustami, Nurul Ilmarsah (2018) Pengembangan Buku Teks Pembelajaran IPA SMP/MTs Tema Gempa Bumi dengan Model Connected Berbasis SSCS (Search, Solve, Create And Share) Problem Solving untuk Meningkatkan Sikap Tanggap Bencana. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_03_NURUL_ILMARSAH_RUSTAM_16175023_4915_2018.pdf] Text
final_03_NURUL_ILMARSAH_RUSTAM_16175023_4915_2018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Buku teks pelajaran merupakan salah satu sumber belajar dan bahan ajar yang sangat penting dan banyak digunakan. Kurikulum 2013 telah memberikan gambaran bahwa Buku teks IPA harus terpadu dan tematik. Buku teks IPA terpadu merupakan gabungan dari matapelajaran Fisika, Biologi dan Kimia yang disatukan berdasarkan tema. Buku teks yang digunakan peserta didik juga memuat aspek kompetensi sikap tanggap bencana gempa bumi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku teks dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah pengembangan berbasis riset menggunakan model pengembangan Plomp, yang terdiri dari tahap preliminary research (analisis pendahuluan), development prototyping phase (tahap perancangan) dan assessment phase (tahap penilaian). Data dalam penelitian ini adalah data analisis pendahuluan, validasi, praktikalitas dan efektifitas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar validasi, penilaian diri, tes essay dan penilaian keterampilan. Data analisis kebutuhan, praktikalitas dan efektifitas pada kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. dianalisis dengan statistik deskriptif. Pada kompetensi pengetahuan digunakan formula N-Gain, uji t dan effect size. Sementara untuk data validasi digunakan rumus Ainken’V. Hasil penelitian pada tahap preliminary research yaitu perlunya pengembangan buku teks. Pada tahap development or prototyping phase yaitu buku teks berada pada nilai >0,6 dengan kategori valid dan praktikalitas dengan nilai >80 pada kategori sangat praktis. Hasil tahap assessment phase buku teks berada dalam kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku teks pembelajaran IPA SMP/MTs tema gempa bumi dengan model connected berbasis SSCS (search, solve, create and share) problem solving untuk meningkatkan sikap tanggap memiliki kriteria valid, sangat praktis dan sangat efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Buku Teks IPA, Gempa Bumi, Connected, SSCS Problem Solving.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Nov 2025 04:02
Last Modified: 21 Nov 2025 04:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29745

Actions (login required)

View Item
View Item