Putri, Eka (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Mapat Tunggul Selatan Kabupaten Pasaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_2_EKA_PUTRI_10821_3757_2012.pdf
Download (203kB)
Abstract
Keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 4 Mapat Tunggul Selatan Kabupaten Pasaman berada di bawah standar kompetensi minimal (SKM). Untuk memperbaikinya, perlu dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Masalah penelitian ini adalah “Bagaimana proses meningkatkan keterampilan menulis cerpen melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual siswa kelas IX SMP Negeri 4 Mapat Tunggul Selatan Kabupaten Pasaman Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan peningkatan proses pembelajaran dan hasil pembelajaran menulis cerpen melalui pendekatan pembelajaran kontekstual. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IX SMP Negeri 4 Mapat Tunggul Selatan Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Setiap pertemuan dilakukan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian ini berupa hasil pengamatan dan catatan lapangan tentang aktivitas siswa dan tindakan guru. Data yang berupa keterampilan menulis siswa dikumpulkan dengan tes unjuk kerja. Data hasil pengamatan dikumpulkan melalui observasi. Data catatan lapangan dikumpulkan dengan penulisan catatan lapangan. Data yang berupa tindakan guru dan aktivitas siswa diolah secara kualitatif dengan mengikuti model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, beberan data, dan penarikan kesimpulan. Data kuantitatif yang berupa hasil tes unjuk kerja diolah dengan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, proses pembelajaran keterampilan menulis cerpen dilakukan dengan menerapkan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan langkah mengkonstruksi, menemukan, dan mengembangkan pengetahuan siswa. Penggunaan pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam menulis cerpen yang ditandai dengan aktivitas siswa meningkat positif dan keterampilan menulis cerpen meningkat pada setiap siklus. Faktor yang menyebabkan peningkatan itu adalah penggunaan pendekatan pembelajaran kontekstual yaitu (1) memunculkan variasi dalam pelaksanaan pembelajaran menulis, (2) memaksimalkan komunikasi antarsiswa dengan siswa dan guru dengan siswa, (3) memotivasi siswa dalam belajar.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Keterampilan, Pendekatan, Pembelajaran |
| Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 04:01 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 04:01 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29736 |
