Perbedaan Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan Teknik Tiru Model dan Teknik Objek Langsung pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Padang

Erwila, yona (2016) Perbedaan Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan Teknik Tiru Model dan Teknik Objek Langsung pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_YONA_ERWILA_96402_5256_2013.pdf] Text
final_B1_1_YONA_ERWILA_96402_5256_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan kemampuan menulis karangan narasi siswa dengan menggunakan teknik tiru model siswa kelas VII SMP Negeri 16 Padang dilihat dari segi alur, latar, sudut pandang, dan penokohan, (2) mendeskripsikan kemampuan menulis karangan narasi siswa dengan menggunakan teknik objek langsung siswa kelas VII SMP Negeri 16 Padang dilihat dari segi alur, latar, sudut pandang, dan penokohan, (3) untuk menganalisis perbedaan efektivitas penggunaan teknik tiru model dan teknik objek langsung terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 16 Padang dilihat dari indikator alur, latar, sudut pandang, dan penokohan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Data penelitian ini adalah skor dan nilai pretest – posttest menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 16 Padang menggunakan teknik tiru model dan teknik objek langusng. Data dianalis dengan menggunakan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrument penelitian ini adalah tes unjuk kerja yaitu tes menulis karangan narasi dengan menggunakan teknik tiru model dan teknik objek langsung. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan hal-hal berikut ini. Pertama, menggunakan teknik tiru model (pretest – posttest) terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 16 Padang. Setelah dilakukan uji-t, diperoleh thit = 12,12 dan ttab= 1,70, yaitu thit > ttab. Kedua, menggunakan teknik objek langsung (pretest – posttest) terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 16 Padang. Setelah dilakukan uji-t, diperoleh thit = 8,34 dan ttab= 1,70, yaitu thit > ttab.. Ketiga, penggunaan teknik objek langsung lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan teknik tiru model terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 16 Padang, hal ini dibuktikan dengan uji-t kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan teknik objek langsung lebih tinggi dibanding dengan teknik tiru model.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SMP N 16, Penulisan, Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Nov 2025 03:55
Last Modified: 21 Nov 2025 03:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29686

Actions (login required)

View Item
View Item