Hanum, Farida (2011) Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Keterampilan Busana melalui Kooperatif Jigsaw di Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Candung Baso. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_FARIDA HANUM-08210-2012.pdf
Download (264kB)
Abstract
Kurangnya aktivitas belajar siswa dalam membuat busana, disebabkan oleh
strategi dan model pembelajaran yang diterapkan guru kurang cocok dengan materi
membuat busana. Aktivitas dalam penelitian ini dapat dilihat dari empat indikator
yaitu; kegiatan visual, kegiatan lisan, kegiatan mendengarkan, dan kegiatan metik.
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam membuat
busana pada mata pelajaran Keterampilan di Madrasah Aliyah Islamiyah Canduang
(MA TIC) Baso.
Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga
siklus dan setiap siklus dilakukan 3x pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas
XI Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Canduang Baso yang berjumlah 30 orang.
Teknik pengumpulan data, dilakukan dengan observasi, catatan lapangan,
wawancara, tes hasil belajar siswa, analisis data dilakukan secara kuantitatif dan
kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada indikator
kegiatan visual berupa membaca, demonstrasi, mengamati orang lain, mendengarkan
penjelasan guru persentase siklus I 39%, siklus II 62%, dan siklus III 75%. Kegitan
lisan terdiri dari mengajukan pertanyaan, memberi saran, mengemukakan pendapat
dalam diskusi persentase siklus I 34%, siklus II 59%, dan siklus III 79%. Kegiatan
mendengarkan berupa mendengarkan penyajian orang lain dan mendengarkan
percakapan dalam diskus persentase siklus I 54%, siklus II 74%, dan siklus III 84%.
Kegiatan metrik berupa melakukan praktik dan memilih alat-alat persentase siklus I
33%, siklus II 60%, dan siklus III 75%. Rata-rata persentase keempat indikator
tersebut pada siklus I 43%, siklus II 64%, dan siklus III 78,25%. Hal ini berarti siswa
sudah mengalami aktivitas belajar yang meningkat dalam target pencapaian
keberhasilan yang sudah ditetapkan yakni 75%.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 13:50 |
| Last Modified: | 20 Nov 2025 13:50 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29668 |
