Peningkatan Hasil Belajar Sosiologi Melalui Pemberian Tugas Berupa Meringkas Materi oleh Siswa Kelas X5 di SMA Negeri 7 Padang

Moridiaroze, Moridiaroze (2009) Peningkatan Hasil Belajar Sosiologi Melalui Pemberian Tugas Berupa Meringkas Materi oleh Siswa Kelas X5 di SMA Negeri 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_Copy of MORIDIAROZE-39710-02-2009.pdf] Text
final_B1_Copy of MORIDIAROZE-39710-02-2009.pdf

Download (83kB)

Abstract

Kebiasaan guru menggunakan metode ceramah secara monoton membuat siswa tidak mempersiapkan diri dari rumah untuk mengikuti pelajaran sehingga tidak ada yang mau memberikan informasi mengenai materi pelajaran, hal ini akan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu cara yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan pemberian tugas berupa meringkas materi sebelum tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan memberikan gambaran bahwa dengan pemberian tugas berupa meringkas materi pada siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X5 di SMA Negeri 7 Padang dalam mata pelajaran sosiologi. Penelitian ini termasuk pada penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menujukan bahwa secara umum hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu siswa yang dapat menjawab indikator defenisi dari 66,25% (baik) pada siklus I naik menjadi 80,7%(baik) pada siklus II, siswa yang dapat menjawab indikator tujuan dari 66,25% (baik) pada siklus I naik menjadi 79,4% (baik) pada siklus II, siswa yang menjawab indikator ciri-ciri dari 55% (sedang) pada siklus I naik menjadi 81,95% (baik sekali) pada siklus II, siswa yang menjawab indikator faktor yang mempengaruhi dari 61,25% (baik) pada siklus I naik menjadi 85,75% (baik sekali) pada siklus II, siswa yang menjawab indikator bentuk dari 36,25%( kurang) pada siklus I naik menjadi 79,4% (baik) pada siklus II, siswa yang menjawab indikator dampak dari 40% (kurang) pada siklus I naik menjadi 75,45% (baik) pada siklus II, siswa yang menjawab indikator contoh dari 38,74% (kurang) pada siklus I naik menjadi 74,91% (baik) pada siklus II. Hal ini membuktikan adanya hubungan timbal balik atau korelasi antara hasil belajar siswa dengan pemberian ringkasan materi sebelum tatap muka. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa dengan pemberian tugas berupa meringkas materi oleh siswa dapat meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa di SMA Negeri 7 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 20 Nov 2025 07:42
Last Modified: 20 Nov 2025 07:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29649

Actions (login required)

View Item
View Item