Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Sosiologi Melalui Teknik Kartu Bervariasi di Kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah 4 Bengkulu

Eliza, Eliza (2009) Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Sosiologi Melalui Teknik Kartu Bervariasi di Kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah 4 Bengkulu. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_Copy of ELIZA-44694-03-2009.pdf] Text
final_B1_Copy of ELIZA-44694-03-2009.pdf

Download (182kB)

Abstract

Permasalahan pembelajaran di kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah 4
Bengkulu adalah kurangnya aktivitas siswa dalam mata pelajaran sosiologi sehingga
rata-rata hasil belajar siswa juga rendah. Oleh karena itu diupayakan cara belajar
siswa aktif dengan menggunakan model pembelajaran kartu bervariasi. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran
sosiologi melalui teknik kartu bervariasi di kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah 4
Bengkulu.
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
pelaksanaannya pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah 4 Bengkulu yang
beranggotakan 39 siswa dengan materi pembelajaran Mobilitas Sosial. Data yang
dikumpulkan tentang aktivitas siswa dalam pembelajaran sosiologi melalui instrumen
penelitian yang meliputi aspek mendengar, mencatat, bertanya, dan menanggapi.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dari siklus I maupun
siklus II. Pada siklus I untuk aspek mencatat dan bertanya belum mencapai indikator
keberhasilan yaitu 70,83% dan 61,11%. Sedangkan aspek mendengar dan menanggapi
sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu 77,78% dan 77,77%. Pada siklus II,
aspek mencatat dan bertanya sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu 77,77%
dan 81,94%. Sedangkan aspek mendengar dan menanggapi naik menjadi 87,49% dan
87,49%.
Hasil akhirnya aspek mencatat naik mencapai 6,94% dan aspek bertanya naik
mencapai 20,83%. Sedangkan aspek mendengar naik mencapai 9,71% dan aspek
menanggapi naik mencapai 9,72%. Hasil belajar yang diperoleh siswa juga meningkat
dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 6,69 dan
mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 7,25.
Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan
menggunakan metode kartu bervariasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa, sesuai dengan persentase dari masing-masing siklus yang berada pada posisi
nilai baik. Disarankan bagi guru yang ingin menggunakan model pembelajaran kartu
bervariasi ini, hendaklah mempersiapkan kartu, pertanyaan dan jawaban sebaik
mungkin agar memperoleh hasil yang baik pula.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 20 Nov 2025 07:33
Last Modified: 20 Nov 2025 07:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29642

Actions (login required)

View Item
View Item