Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Pemahaman Konsep Sosiologi Siswa Kelas XI IS SMAN 1 Painan.

Sari, Desfita (2011) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Pemahaman Konsep Sosiologi Siswa Kelas XI IS SMAN 1 Painan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DESFITA_SARI_68164_4622_2011.pdf] Text
final_B1_DESFITA_SARI_68164_4622_2011.pdf

Download (660kB)

Abstract

Rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep sosiologi di kelas XI ISSMAN 1 Painan menyebabkan hasil belajar siswa masih dibawah kriteria ketuntasanminimum (KKM) yang telah ditetapkan. Salah satu penyebabnya adalah pembelajaranyang berlangsung di kelas masih terpusat pada guru dan materi yang dipelajari hanyayang diberikan guru kepada siswa. Akibatnya dalam pembelajaran siswa hanyaberpedoman kepada buku catatan dan sulit bagi mereka memahami konsep yang sudahdipelajari. Untuk mengatasi masalah diatas, peneliti mencoba menggunakan modelpembelajaran snowball throwing dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian iniadalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran snowball throwingterhadap pemahaman konsep Sosiologi siswa di kelas XI IS SMAN 1 Painan.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitianeksperimen dengan desain penelitian Formula Control Group Pretest-Postest Design.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IS SMAN 1 Painan. Pengambilansampel dengan memakai teknik Random Kelompok, yang terdiri dari dua lokal, sebagaikelas kontrol adalah kelas XI IS3 dan kelas eksperimen XI IS1. Teknik pengumpulandata adalah data kuantitatif dengan cara memberikan Pretest dan postest kepada sampelpenelitian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t.Hasil analisis data diperoleh, Rata-rata hasil belajar Sosiologi kelas eksperimenadalah 8.72, sedangkan rata-rata hasil belajar Sosiologi kelas kontrol adalah 7.48,pengolahan data test dilakukan dengan menggunakan uji t. Setelah dianalisis diperolehthitung = 3.18 dengan taraf nyata α = 0,05 dan df = 66, sedangkan ttabel = 2.00 karena ttabel< thitung maka hipotesis nol (H0) ditolak dan Hi diterima. Oleh sebab itu, berdasarkandata di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran snowballthrowing sangat baik diterapkan dalam proses pembelajaran sosiologi di sekolah karenadapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep sosiologi dibandingkandengan menggunakan metode ceramah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, SOSIOLOGI SISWA
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 20 Nov 2025 07:32
Last Modified: 20 Nov 2025 07:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29639

Actions (login required)

View Item
View Item