Persepsi Masyarakat Lubuk Sikaping terhadap Kualitas Pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pasaman

Anggraeni, Dyan Riska (2009) Persepsi Masyarakat Lubuk Sikaping terhadap Kualitas Pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_Copy of DYAN RISKA ANGGRAENI-64768-05-2009.pdf] Text
final_B1_Copy of DYAN RISKA ANGGRAENI-64768-05-2009.pdf

Download (105kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kualitas pelayanan publik yang
ada pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pasaman, diantaranya
yaitu Penyelesaian pelayanan publik tidak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan,
masyarakat masih mengeluh atas kurang berkualitasnya pelayanan yang diberikan
para pegawai dalam memberikan pelayanan publik dan produk pelayanan yang
dihasilkan tidak sesuai dengan yang diharapkan masyarakat. Maka tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan yang ada pada Dinas Kependudukan
dan Catatan Sipil Kabupaten Pasaman.
Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang
bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana persepsi masyarakat terhadap kualitas
pelayanan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Lubuk Sikaping
yang mengurus pelayanan administrasi kependudukan pada Dinas Kependudukan dan
Catatan Sipil Kabupaten Pasaman. Sedangkan sampel penelitian diambil 99 orang
melalui penarikan sampel dengan Rumus Slovin dengan pengambila sampel
menggunakan Teknik Sampling Stratified. Data diambil dari alat pengumpulan data
yang digunakan berupa angket model skala likert yang telah diuji validitas dan
realibilitasnya dengan menyebarkan kepada masyarakat. Data yan terkumpul tersebut
dianalisis secara statistic dengan bantuan program SPSS (statistic product service
solution) versi 15.00 for window setelah itu dideskripsikan dengan metode deskriptif.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa persepsi masyarakat mengenai
kualitas pelayanan yang baik sebanyak 16 orang (16,16%), yang cukup baik 62 orang
(62,7%) dan yang kurang baik 21 orang (21,21%). Dari hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa persepsi masyarakat Lubuk Sikaping terhadap kualitas pelayanan
dikategorikan cukup baik karena lebih dari separoh responden mempersepsikan
kualitas pelayanan cukup baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 20 Nov 2025 07:32
Last Modified: 20 Nov 2025 07:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29638

Actions (login required)

View Item
View Item