Arianti, Dina (2011) Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DINA_ARIANTI_72544_1635_2011.pdf
Download (369kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dua identifikasi masalah. Dua identifikasi masalah
tersebut antara lain: (1) kurangnya keterampilan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pariangan
Kabupaten Tanah Datar dalam menuli ringkasan, dan (2) kurangnya keterampilan siswa kelas VIII
SMP Negeri 1 Pariangan Kabupaten Tanah Datar dalam membaca pemahaman.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil deskripsi: (1) keterampilan membaca
pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pariangan Kabupaten Tanah Datar, (2) keterampilan
menulis ringkasan siswa SMP Negeri 1 Pariangan Kabupaten Tanah Datar, dan (3) hubungan antara
keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis ringkasan siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Pariangan Kabupaten Tanah Datar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Instrumen yang
digunakan adalah tes, yaitu tes keterampilan membaca pemahaman dan tes keterampilan menulis
ringkasan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pariangan Kabupaten Tanah
Datar. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang, yakni 25% dari keseluruhan populasi siswa per
kelas. Data keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis ringkasan dihubungkan
dengan menggunakan rumus koefisien korelasi product moment dan dilanjutkan dengan pengujian
hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama,hasil penelitian
menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan menulis ringkasan siswa kelas VIII SMP N 1 Pariangan
Kabupaten Tanah Datar berada pada taraf kualifikasi cukup (57,50). Kedua, rata-rata keterampilan
membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pariangan Kabupaten Tanah Datar berada
pada kualifikasi cukup (56,44). Ketiga, terdapat hubungan positif yang signifikan antara
keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis ringkasan kelas VIII SMP Negeri
1 Pariangan Kabupaten Tanah Datar dengan nilai t hitung sebesar 2,166 lebih besar dibandingkan
dengan t tabel pada derajat kebebasan n-2 dan taraf signifikan 95% yaitu 1,70. Jadi dengan demikian
dapat diartikan, terdapat hubungan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan
menulis ringkasan.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 07:27 |
| Last Modified: | 20 Nov 2025 07:28 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29628 |
