Peningkatan Kemampuan Menulis Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Bukittinggi melalui Strategi Belajar Aktif Tipe Pemilihan Kartu.

Isly, Desfi Gusnitarori (2011) Peningkatan Kemampuan Menulis Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Bukittinggi melalui Strategi Belajar Aktif Tipe Pemilihan Kartu. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DESFI_GUSNITARORI_ISLY_86484_4610_2011.pdf] Text
final_B1_DESFI_GUSNITARORI_ISLY_86484_4610_2011.pdf

Download (310kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan strategibelajar aktif tipe pemilihan kartu untuk meningkatkan kemampuan menulisargumentasi siswa kelas X-8 SMA Negeri 2 Bukittinggi. Penelitian ini berbentukPenelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif denganguru bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Bukittinggi.Subjek penelitian ini siswa kelas X-8SMA Negeri 2 Bukittinggi yangberjumlah 27 orang, yang terdiri atas 13 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswaperempuan pada tahun pelajaran 2010/2011. Pemilihan sibjek ini berdasarkanpertimbangan sebagai berikut: (1) sesuai dengan silabus bahasa Indonesia kelas Xmempelajari menulis Argumentasi dan (2) nilai hasil belajar siswa kelas X-8 SMANegeri 2 Bukittinggi rata-rata berada dibawah Standar Ketuntasan BelajarMinimal (SKBM) yang ditetapkan adalah 73.Berdasarkan temuan diperoleh hasil bahwapembelajaran menulisargumentasi melalui strategi belajar aktif tipe pemilihan kartu mampumeningkatkan kemampuan menulis argumentasi siswa. Total peningkatannyayaitu sebesar 24,32% dalam dua siklus (empat kali pertemuan tatap muka).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN MENULIS, MENULIS ARGUMENTASI, BELAJAR AKTIF
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 20 Nov 2025 07:24
Last Modified: 20 Nov 2025 07:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29625

Actions (login required)

View Item
View Item