Sari, Dina Permata (2011) Pengaruh Penerapan Strategi Questions Students Have (QSH) terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XII pada Pembelajaran Benzena di SMA Negeri 3 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DINA PERMATA S-84229-2011.pdf
Download (196kB)
Abstract
Benzena merupakan salah satu pokok bahasan kimia yang dipelajari di kelas XII SMA. Rendahnya hasil belajar kimia siswa disebabkan kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah strategi Questions Students Have (QSH). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan strategi Questions Students Have (QSH) terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada pembelajaran Benzena, dengan desain penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design. Penelitian dilakukan di Kelas XII SMA N 3 Pariaman tahun ajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, dan didapat kelas XII IA sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IA 12 sebagai kelas kontrol. Pengamatan aktivitas belajar siswa menggunakan lembar observasi pada kedua kelas sampel diperoleh secara umum bahwa aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Dari analisis data hasil belajar afektif menggunakan angket, diperoleh respon siswa terhadap strategi QSH yaitu sangat setuju dan setuju. Analisis data hasil belajar kognitif diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperiment 73.05 dan ratarata hasil belajar siswa kelas kontrol 66.58.Melalui uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh harga t hitung = 2.38 dan harga t = 2.00 pada α= 0,05. Dengan demikian t hitung > t tabel tabel, artinya hasil belajar siswa kelas eksperimen berbeda secara signifikan daripada hasil belajar siswa kelas kontrol.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 07:18 |
| Last Modified: | 20 Nov 2025 07:22 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29621 |
