Wahyuni, Citra (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw di Kelas IV SDN 15 Ulu Gadut Kecamatan Pauh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_CITRA_WAHYUNI_93503_3102_2011.pdf
Download (320kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi dan model pembelajaran yang digunakan pada umumnya bersifat konvensional, sehingga proses pembelajaran kurang menarik bagi siswa dan hasil belajar yang dicapai kurang memuaskan. Berdasarkan data nilai ulangan harian PKn kelas IV, masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah standar.Dari itu peneliti melalui penelitian tindakan kelas ini ingin mencoba meningkatkan hasil belajar PKn melalui pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw pada siswa kelas IV SD Negeri 15 Ulu Gadut Kecamatan Pauh Kota Padang. Pelaksanaan pembelajaran melalui pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw yaitu dengan langkah-langkah : membagi siswa ke dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4-6 orang tiap kelompok yang disebut dengan kelompok asal. Masing-masing anggota kelompok asal diberikan topik yang berbeda-beda. Setiap anggota kelompok asal yang mendapat topik yang sama bergabung dalam satu kelompok yang disebut dengan kelompok ahli. Dalam kelompok ahli, siswa berdiskusi tentang topik yang akan dibahas sesuai dengan petunjuk Lembar Kerja Siswa (LKS). Selesai berdiskusi, masing-masing anggota kelompok ahli bergabung kembali ke kelompok asalnya untuk menjelaskan topik yang telah dibahas pada kelompok ahli. Setelah itu masing-masing kelompok asal diberikan tes tentang seluruh topik, kelompok yang memperoleh nilai tertinggi diberikan penghargaan. Melalui pembelajaran seperti itu menuntut siswa untuk menguasai seluruh topik yang dipelajari. Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, terlihat bahwa hasil belajar siswa meningkat. Nilai rata-rata siswa pada skor dasar 62,35, diadakan tindakan pada siklus I meningkat dengan rata-rata nilai 66,47. Kemudian diadakan lagi tindakan pada siklus II, dengan rata-rata nilai siswa mencapai 74,70. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa pada kelas IV SD Negeri 15 Ulu Gadut Kecamatan Pauh Kota Padang. Oleh sebab itu, disarankan agar guru dapat melaksanakan proses pembelajaran melalui pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw dengan tujuan untuk dapat meningkatkan hasil dan minat belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 07:07 |
| Last Modified: | 20 Nov 2025 07:08 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29617 |
