Dewi, Citra (2011) Penerapan Kolaborasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Metode PQ4R dalam Mata Diklat Rangkaian Listrik dan Elektronika (RLE) bagi Siswa SMKN 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_CITRA DEWI-85085-2012.pdf
Download (230kB)
Abstract
Pembelajaran yang berpusat pada guru berdampak terhadap kurang
optimalnya kemampuan berfikir siswa. Selain itu, siswa juga sulit untuk
memahami materi pembelajaran dari bahan ajar yang telah disediakan, sehingga
siswa menjadi pelajar pasif. Berdasarkan kenyataan tersebut perlu dilakukan
penelitian tentang penerapan pembelajaran kooperatif Jigsaw yang
dikolaborasikan dengan metode PQ4R dalam mata diklat RLE bagi siswa SMKN
5 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hasil belajar siswa pada
mata diklat RLE melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang
dikolaborasikan dengan metode PQ4R dan untuk mengetahui perbedaan hasil
belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Subyek dari penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X (XL1 dan XL2) program keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMKN 5 Padang dengan jumlah keseluruhan siswa 71 orang, dimana
XL1 merupakan kelas eksperimen dan XL2 merupakan kelas kontrol. Penentuan
kelas ini dilakukan secara acak dari kelas yang sudah ada, sehingga tidak ada
pengelompokan siswa berprestasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan hasil post test berupa soal objektif sebanyak 32 butir soal. Data
yang diperoleh dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (uji-t).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol,
dimana rata-rata nilai dari kelas eksperimen adalah 76,6, sedangkan pada kelas
kontrol mempunyai rata-rata 65,75. Dengan analisis uji-t diperoleh t hitung
sebesar 3,4231 pada signifikansi 0,05 dan t tabel = 1,671. Oleh karena nilai
t hitung > t tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang
berbunyi terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa melalui
penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dikolaborasikan dengan
metode PQ4R dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada mata diklat
RLE di SMKN 5 Padang, diterima pada taraf signifikansi 0,05. Oleh karena itu,
jika diinginkan hasil pembelajaran ini lebih baik maka dianjurkan menggunakan
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang dikolaborasikan dengan metode PQ4R.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 03:42 |
| Last Modified: | 20 Nov 2025 03:42 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29608 |
