Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) terhadap Hasil Belajar Sejarah di SMA N 1 Kubung Kabupaten Solok.

Malinda, Deri (2011) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) terhadap Hasil Belajar Sejarah di SMA N 1 Kubung Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DERI_MALINDA_73601_4459_2011.pdf] Text
final_B1_DERI_MALINDA_73601_4459_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan pemahaman interpretasi hubungan sebab-akibatsiswa disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya proses pembelajaran sejarahyang masih berupa penyampaian informasi yang membuat siswa hanya mampumengigat, tujuan dari pembelajaran sejarah salah satunya untuk melatih siswaberfikir kritis melalui hubungan sebab-akibat dalam pembelajaran sejarah. Salahsatu upaya untuk dapat meningkatkan pemahaman interpretasi hubungan sebabakibat dalam pembelajaran sejarah melalui model PBI. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui pengaruh penerapan model PBI terhadap hasil belajar sejarahsiswa di SMA N I Kubung Kabupaten Solok. Manfaat penelitian ini adalahmendorong guru sejarah berinovasi dalam menggunakan model pembelajaransehingga dapat meningkatkan hasil belajar sejarah .Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dimana data diperolehmelalui Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA N 1Kubung Kabupaten Solok yang berjumlah 132 orang. Pemilihan sampel dalampenelitian ini diambil berdasarkan Random kelompok dengan asumsi bahwasetiap kelompok memiliki kemampuan dan kebiasaan belajar sejarah yang sama.Pengambilan sampel dilakukan sebanyak 2 kelas, untuk kelas eksperimen yaituIPS 2 dan untuk kelas kontrol adalah IPS 3. Setelah dilakukan penelitian didapatbahwa peningkatan nilai rata-rata pretest dan postest kelas eksperimen sebesar12,73 dan peningkatan nilai rata-rata pretest dan postest kelas kontrol sebesar0,56. Dengan demikian peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih besardari hasil belajar kelas kontrol. Pada hasil belajar menginterpretasikan hubungansebab-akibat terjadi peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Ini terlihat pada nilai rata-rata pretest dengan nilai rata-ratapostest kelas eksperimen sebesar 39.09 dan perbedaan nilai rata-rata pertestdengan nilai rata-rata postest kelas kontrol sebesar 12,12. Dengan demikianpeningkatan hasil belajar interpretasi hubungan sebab-akibat kelas eksperimenlebih tinggi dari hasil belajar kelas kontrol .Setelah dilakukan penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan modelPBI berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dalammenginterpretasikan hubungan sebab-akibat dalam materi sejarah kelas XI SMANI Kubung kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 20 Nov 2025 03:40
Last Modified: 20 Nov 2025 03:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29595

Actions (login required)

View Item
View Item