Sari, Cici Indah (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Global Bagi siswa Kelas I SD Negeri 05 Kampung Dalam Kab. Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_CICI_INDAH_SARI_07599_2011.pdf
Download (283kB)
Abstract
Pembelajaran membaca permulaan bertujuan agar siswa mampu membaca
dengan lancar. Permasalahan yang akan diteliti adalah bagaimanakah Peningkatan
Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Global Bagi siswa Kelas I SD
Negeri 05 Kampung Dalam Kab. Padang Pariaman.Karena berdasarkan studi
pendahuluan yang diperoleh bahwa kemampuan membaca permulaan siswa masih
kurang, penyebabnya adalah guru belum optimal membimbing siswa saat
pengenalan huruf dan arahan saat membaca.
Metode global merupakan pembelajaran yang diupayakan agar dapat
meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa sehingga kemampuan
kognitif, afektif dan psikomotor siswa dapat dikembangkan dengan baik. Metode
global ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prabaca, saatbaca dan
pascabaca. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan cara Peningkatan
Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Global Bagi siswa Kelas I SD
Negeri 05 Kampung Dalam Kab. Padang Pariaman pada tahap prabaca, saatbaca,
dan pascabaca. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dimana
peneliti melakukan kolaborasi dengan dua teman sejawat. Perancangan penelitian
disusun meliputi : 1) lokasi penelitian 2) subjek penelitian, 3) waktu / lama
penelitian 4) siklus dan alur penelitian 5) refleksi awal 6) perencanaan 7)
pelaksanaan 8) pengamatan dan 9) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas I
SD Negeri 05 kampung dalam kab. Padang Pariaman, yang berjumlah 18 orang
yang terdiri dari13 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Data dikumpulkan
dengan menggunakan teknik observasi dan catatan lapangan.
Hasil yang dicapai dari 18 siswa selama belajar pada siklus I masih
dikategorikan belum sepenuhnya berhasil, karena terlihat hasil belajar pada siklus
I yaitu 62 dan pada siklus II yaitu 90. Pada siklus II hasil yang dicapai lebih baik,
setelah dilakukan perbaikan dalam pelaksanaan pembelajaran. Dengan demikian
siswa sudah dapat membaca permulaan dengan membedakan kalimat, kata, suku
kata dan huruf melalui metode global.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 03:37 |
| Last Modified: | 20 Nov 2025 03:37 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29583 |
