Pengaruh Penggunaan CD Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Batang Anai

Oksila, Dimi (2011) Pengaruh Penggunaan CD Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Batang Anai. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DIMI OKSILA-07318-2012.pdf] Text
final_B1_DIMI OKSILA-07318-2012.pdf

Download (292kB)

Abstract

Keberhasilan belajar dapat dicapai jika siswa berpartisipasi aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Salah satu upaya dalam mengaktifkan siswa yaitu dengan memilih media yang tepat dan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran
yang diajarkan. Salah satu media yang dapat mengaktifkan siswa dalam mata pelajaran TIK adalah Penggunaan CD Multimedia Interaktif. Rumusan masalah
dalam Penelitian Multimedia Interaktif terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran TIK di
kelas VIII SMP N 1 Batang Anai yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana
pengaruh Penggunaan CD Multimedia Interaktif terhadap hasil belajar siswa di
kelas VIII SMP N 1 Batang Anai
Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan jenis penelitian
menggunakan quasy eksperimen dengan membandingkan hasil belajar siswa yang
belajar menggunakan CD Multimedia Interaktif dan tanpa menggunakan CD
Multimedia Interaktif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP
N 1 Batang Anai. Penarikan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan
yang menjadi sampel adalah kelas VIII
6

sebagai kelas eksperimen

kelas kontrol. Kompetensi Dasar untuk kedua kelas adalah membuat dokumen
pengolahan angka sederhana. Data dalam penelitian ini berasal dari hasil belajar
siswa di kelas eksperimen dan di kelas kontrol. Data tersebut diolah dengan
menggunakan rumus t-tes.
Dari hasil uji hipotesis dengan T-test diperoleh hasil rata-rata kelas yang
menggunakan CD Multimedia Interaktif (kelas eksperimen) 85.20 lebih tinggi dibandingkan kelas yang tidak menggunakan CD Multimedia Interaktif (kelas
kontrol) 73.20. Hal ini berarti hipotesis penelitian (H1) diterima yaitu adanya dan kelas VIII perbedaan antara suatu kondisi dengan kondisi lainnya yang menunjukkan
terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar TIK siswa yang menggunakan CD Multimedian Interaktif (kelas eksperimen) dibandingkan dengan siswa hasil belajar kelompok kontrol yang tidak menggunakan CD Multimedia Interaktif.Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan CD Multimedia Interaktif
memberikan pengaruh yang berarti terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran TIK di SMP N 1 Batang Anai.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 20 Nov 2025 03:37
Last Modified: 20 Nov 2025 03:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29582

Actions (login required)

View Item
View Item